Inilah Fungsi Kuncup pada Tanaman

Pertanianku – Kuncup (gemma) pada tanaman merupakan calon tunas bagian dari tumbuhan, yang terdiri atas calon daun sarta calon batang. Kuncup biasanya dilindungi alat-alat seperti rambut-rambut, sisik-sisik, daun penumpu yang sangat renta dan mudah rusak. Fungsi kuncup mulai berkembang maka pelindungnya akan runtuh. Jika bagi tumbuhan yang berlainan, maka runtuhnya pelindung kuncup juga berlainan, ada yang cepat dan ada yang lambat.

Inilah Fungsi Kuncup pada Tanaman

kuncup dapat berkembang menjadi bagian tumbuhan yang baru. Namun, ada juga tanaman yang berahun-tahun hanya berupa kuncup, dan disebut kuncup laten atau kuncup tidur, yaitu kuncup tidak memperlihatkan kegiatan hidup dan tidak mati juga karena sesuatu hal. kuncup tidur bisa bangun dari tidurnya tapi kemudian tumbuh menjadi tunas baru.

Kuncup tidur biasa kita dapatkan pada pangkal batang pohon besar karena perkembangan batangnya biasanya sudah tidak terlihat jelas, yang nantinya akan tumbuh menjadi tunas yang baru. Dari tonggak pohon yang sudah ditebang terkadang akan terlihat banyak tunas baru tumbuh, yang semuanya berasal dari tunas tidur.

Kuncup pada tanaman pun dapat dibedakan atas:

  1. Kuncup ujung (gemma terminalis), yaitu kuncup yang ada pada ujung batang, cabang pohon dan, rating pohon.
  2. Kuncup ketiak (gemma axillaris/lateralis), yaitu kuncup yang ada di dalam ketiak daun atau pada bagian samping batang.
  3. Kuncup liar (gemma adventicius), yaitu kuncup yang tidak ada pada ujung batang atau ketiak daun.

Menurut tempatnya, kuncup liar dibedakan menjadi:

  • Di sembarang tempat pada batang, biasanya jika tumbuh akan menghasilkan tunas air atau wiwilan. Seperti pada pohon Coklat (Theobroma cacao L.),
  • Pada tepi daun, yang jika tumbuh akan menjadi tumbuhan baru seperti yang ada pada Cocor Bebek (Muntingia pinnata Pers.),
  • Pada akar, jika tumbuh biasanya dapat menjadi tumbuhan baru. seperti yang ada pada Sukun (Artocarpus communis Forst.).

Seperti yang kita ketahui bahwa kuncup merupakan calon tunas, yang selanjutnya tunas dapat mengalami perubahan menjadi alat lain, seperti bunga dan lain sebagainya. Kuncup dapat dibedakan menjadi:

  1. Kuncup Daun (gemma foliifera). Nama kuncup daun sendiri sebenarnya kurang tepat sebab kuncup tidak dapat menjadi daun, melainkan akan menjadi tunas yang bisa mendukung daun-daun.
  2. Kuncup Bunga (gemma florifera/alabastrum). Merupakan kuncup yang tidak bisa berkembang menjadi sebuah tunas, tetapi menjadi bunga (mengalami metamorfosis). Kuncup bunga bisa ditemukan pada ketiak daun maupun ujung batang.
  3. Kuncup Campuran (gemma mixta). merupakan kuncup yang bila berkembang akan menghasilkan tunas daun dan bunga.
loading...
loading...