Inilah Hama dan Penyakit yang Kerap Menyerang Tomat

0

Pertanianku – Tomat merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan buah. Tomat banyak dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap membuat sayur, lalapan, bahkan minuman. Namun, dalam penanamannya, tomat adalah salah satu tanaman yang memiliki risiko tinggi terserang hama dan penyakit. Oleh karena itulah, dalam pembudidayaannya, tomat harus selalu dikontrol secara rutin agar hasil panen sesuai dengan yang diinginkan serta berbuah lebat.

Inilah Hama dan Penyakit yang Kerap Menyerang Tomat

Hama dan penyakit bisa menyebabkan tomat mati. Hasil panen pun tidak sesuai atau kurang maksimal. Berikut hama dan penyakit yang kerap menyerang tomat.

Ulat buah

Ulat ini berukuran relatif kecil dan menyerang pada beberapa titik seperti daun, bunga, dan buah. Ulat akan membuat lubang-lubang pada titik-titik tersebut. Bila dalam jumlah yang parah, tanaman ini bisa membusuk dan dalam risiko berat bisa mati. Oleh karena itu, Anda perlu mengatasinya dengan beberapa cara. Salah satunya, membersihkan area tanaman tomat dari tumbuhan yang lain seperti gulma ataupun rumput liar. Selanjutnya, mengambil ulat tersebut secara langsung dan membuangnya jauh-jauh dari area kebun.

Selain itu, Anda bisa menyemprotkan zat pestisida agar tanaman terhindar dari ulat dan membasmi telur-telur ulat buah.

Ulat tanah

Ulat ini berbeda dari ulat buah. Hama yang satu ini lebih suka menyerang di musim kemarau dengan serangan pada bagian tangkai daun dan pangkal batang sehingga menyebabkan batang tanaman patah bahkan bisa mati. Untuk itu, Anda perlu solusi yang tepat, sebelum ulat tersebut membuat tanaman mati.

Basmi ulat tanah pada waktu sore hari. Ini karena di waktu tersebut ulat-ulat keluar dari sarangnya. Semprotkan pestisida ke tanah dan juga area sekitar tanaman.

Kutu daun hijau

Kutu hijau merupakan hama yang besar, sekaligus membawa beberapa virus penyakit. Efeknya ialah tanaman menjadi kering, terutama bagian daun hingga batangnya pun ikut mengering dan mati.

Cara penanggulangannya dengan menggunakan mulsa plastik yang berwarna perak. Ini karena warna perak pada mulsa dapat memantulkan sinar yang tidak disukai oleh kutu tersebut. Selain itu, Anda dapat menyemprotkan pestisida di sore hari saat kutu daun siap beraksi.

Beberapa hama tersebut ialah hama yang sering kali menyerang tanaman tomat. Apabila ingin hasil panen yang jauh lebih maksimal dan minim gagal, Anda bisa melakukan pencegahan. Lebih baik melakukan pencegahan daripada pengobatan, bukan?

loading...
loading...