Inilah Jenis-Jenis Anjing Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Rumah


Pertanianku – Anjing selain sebagai anjing peliharaan yang sangat menggemaskan juga bisa berfungsi menjaga rumah. Banyak orang yang merasa tenang meninggalkan rumahnya karena memiliki anjing penjaga.

Inilah Jenis-Jenis Anjing Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Rumah

Biasanya anjing penjaga bertubuh besar dengan penampilan garang banyak dipilih. Mengapa demikian? Pasalnya, jika memelihara anjing penjaga berpenampilan garang akan membuat takut orang yang akan mencoba berbuat jahat.

Jenis anjing penjaga sangat beragam. Anjing yang digunakan sebagai anjing penjaga biasanya adalah anjing berukuran besar dan berwajah garang serta cenderung galak dengan orang asing yang baru ditemui. Berikut jenis-jenis anjing peliharaan terbaik untuk menjaga rumah.

  • Doberman pinscher

Umumnya anjing ini jinak, setia, dan sangat pintar. Meskipun temperamennya sangat tidak stabil, Doberman hanya akan menyerang jika pemiliknya dalam bahaya.

  • Rottweiler

Rottweiler yang terlatih dengan baik dapat menjadi anjing penjaga yang dapat diandalkan, siaga, dan sekaligus menjadi sahabat yang baik. Namun, rottweiler yang dilatih kurang baik akan menjadi agresif, berbahaya, dan cenderung bersifat negatif. Rottweiler akan menjadi anjing yang ingin berkuasa dominan jika tidak dilatih dengan benar.

  • German shepherd

Anjing ini memiliki personalitas yang ditandai dengan kesigapan, keberanian, dan keinginan kuat untuk melindungi tuannya. Cocok sebagai anjing penuntun dan anjing penjaga jika dilatih dengan benar.

  • Moscow watchdog

Moscow watchdog adalah anjing campuran dari caucasian ovtcharka (caucasian shepherd) dan the saint bernard. caucasian ovtcharka bersifat penguasa, waspada, dan ganas. Adapun the saint bernard adalah anjing besar bertemperamen lembut. Anjing Moscow ini melambangkan mental yang berani dan fisik yang kuat.

  • Boerboel

Boerboel adalah satu-satunya anjing yang spesifik untuk menjaga rumah petani beserta peternakannya. Anjing ini akan memberikan pengaruh yang luar biasa, kekuatan, kekuasaan, dan kemampuan fisik yang sangat kuat. Boerboel adalah anjing yang sangat pintar, berkuasa, dengan insting penjaga yang kuat.

Seperti anjing-anjing lainnya yang memiliki insting penjaga yang kuat, boerboel sangat perlu diperhatikan ketika berada didekat orang yang tidak dikenal untuk menghindari keganasannya. Jika tidak ada yang memerhatikan, jangan sekalipun meninggalkan anjing ini dengan anak kecil.

  • Caucasian shepherd

Anjing caucasian shepherd adalah anjing yang sangat tepat untuk menjaga rumah, perkebunan, dan segala fasilitas yang Anda miliki. Kelembutan yang berlebihan bercampur dengan bertemperamen galak adalah salah satu kekurangan dari anjing ini.

Akan tetapi, jika Anda menginginkan anjing yang sangat besar dan garang, caucasian shepherd bisa menjadi pilihan. Anjing ini sangat kasar, aktif, dan cepat beradaptasi dengan cuaca.

  • Pyrenean mountain dog

Anjing ini adalah penjaga yang sangat mengesankan. Pyrenean mountain dog sangat mengabdi kepada pemiliknya, tetapi terlalu waspada kepada orang yang tidak dikenal. Berat jantan bisa mencapai kira-kira 45—73 kg. Anjing ini berani, sangat setia, dan patuh kepada pemiliknya bahkan mampu mengorbankan dirinya jika diperlukan.

  • Greater swiss mountain dog

Anjing gunung ini adalah anjing yang besar dan berotot. Greater swiss mountain dog memiliki tiga warna utama, yaitu hitam, kuning karat, dan putih (biasanya putih menyala). Jantan memiliki berat normal antara 60—70 kg dan tingginya diukur sampai bahu dapat mencapai 65—72 cm. Anjing greater swiss sangat melindungi keluarga pemiliknya. Anjing yang terlatih akan sangat berguna mengenali tempat tinggal dan keluarga pemiliknya.

  • Cane corso

Cane corso adalah anjing penjaga berukuran menengah besar yang berasal dari selatan Italia. Cane corso sangat cocok menjadi anjing penjaga dan pelindung karena bertemperamen stabil dan memiliki tubuh yang kuat. Dulu, anjing ini digunakan sebagai pemburu di desa. Tinggi anjing ini dapat mencapai 60—68 cm.

loading...
loading...