Inilah Kelebihan dan kekurangan Budidaya Ikan Lele sistem C-First

Pertanianku – Teknologi terbaru pada budidaya ikan lele dengan sistem Catfish Farming in Recirculation System Tank (C-First) memiliki banyak kelebihan. Akan tetapi, juga masih terdapat beberapa kekurangan. Hal ini karena teknologi tersebut masih terus dikembangkan karena terbilang baru.

Budidaya Ikan Lele Sistem Catfish Farming in Recirculation System Tank

Sementara itu, kelemahannya adalah terlalu bergantung pada listrik. Ini karena sistem C-First menerapkan pompa air yang harus bekerja selama 24 jam penuh.

Bagi pembudidaya lele yang berada di kawasan dengan air terbatas, sangat tepat menerapkan metode budidaya ini. Penerapan sistem C-First juga lebih hemat tempat, dengan begitu sangat tepat diterapkan di kawasan perkotaan.

Namun, jika berniat menerapkan metode C-First pada budidaya ikan lele, Anda harus siap mengeluarkan modal yang cukup besar, bisa hingga 60 juta. Oleh karena itu, bagi pemodal terbatas, bisa membuat kelompok pembudidaya lele. Dengan demikian, kebutuhan modalnya bisa terasa lebih ringan.

Kolam bisa dibuat dengan ukuran panjang 2 meter, lebar 1,5 meter, dan tingginya 0,7 meter. Populasi ikan lelenya dapat mencapai 5.000 ekor. Jadi, dalam setiap 1 meter kubik, populasi ikan mencapai 2.380 ekor. Padahal, biasanya peternak hanya mampu mengisinya dengan 300 ekor lele per meter kubik.

Bibit lele yang ditebar berukuran antara 9—10 cm. Tujuannya, agar daya adaptasinya lebih tinggi. Sementara itu, besarannya nanti akan lebih seragam sehingga saat panen tidak diperlukan penyortiran ikan lele. Pemberian pakan bisa dilakukan dua kali setiap hari, sampai ikan terasa kenyang. Pemberian pakan harus dilakukan dengan tepat, agar pakan bisa tersebar merata ke seluruh ikan lele.

Rasio konversi pakannya atau FCR (Food Convertion Ratio) 0,9—1 kg. Jadi, agar bisa menghasilkan sekitar 1 kg ikan, dibutuhkan 0,9—1 kg pakan. Dengan tingkat kelulusan hidup hingga 80%. Lama pemeliharaan lele hanya sekitar tiga bulan, dengan hasil sangat tinggi. Tertarikkah Anda mencoba peruntungan dengan berbisnis budidaya ikan lele sistem C-First?

loading...
loading...