Inilah Lima Varietas Pisang Unggulan di Indonesia

0

Pertanianku – Indonesia adalah salah satu negara dengan produksi pisang terbesar di Asia. Bahkan, produksinya mencapai 6 juta ton per tahun atau memenuhi lebih dari 50% kebutuhan buah pisang di kawasan Asia.

Dari jumlah tersebut, sekitar 90% dikonsumsi untuk kebutuhan dalam negeri. Sisanya diekspor ke berbagai negara terutama negara-negara seperti Arab, Tiongkok, Malaysia, dan Singapura. Kebanyakan jenis buah pisang yang diekspor merupakan pisang cavendish.

Buah pisang sendiri merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Saat ini ditanam secara meluas di berbagai negara tropis lainnya.

  1. Pisang raja bulu

Pisang raja bulu sangat populer di Jawa. Buah pisang ini memiliki kulit yang tebal. Saat matang, kulitnya berwarna kuning oranye. Pisang raja bulu memiliki aroma yang harum. Jumlah buah per sisir terdapat 14—16 buah. Dalam satu tandan biasanya terdapat 6—19 sisir.

  1. Pisang raja sereh

Pisang raja sereh dikenal juga dengan nama pisang susu. Pisang raja sereh memiliki kulit tipis berwarna kuning kecokelatan dengan bintik-bintik hitam. Tekstur buahnya lembut, dagingnya berwarna putih sampai agak kekuningan. Rasanya manis dan memiliki aroma yang khas.

  1. Pisang barangan

Pisang barangan dikenal juga dengan nama pisang medan atau medan barangan. Buah ini populer dibudidayakan di Sumatera Utara meskipun penyebarannya sudah merata ke berbagai tempat di Indonesia.

Warna kulit pisang barangan kuning hingga kemerahan saat matang. Pisang ini memiliki daging buah berwarna putih agak kekuningan. Buah tidak berbiji, manis, kering, dan beraroma.

  1. Pisang mas kirana

Pisang mas kirana memiliki bentuk seperti pisang mas, tetapi ukurannya agak besar. Berbeda dengan pisang mas yang cenderung mudah busuk, pisang mas kirana lebih tahan lama. Dengan begitu, pisang ini lebih siap untuk dijadikan komoditas ekspor.

  1. Pisang cavendish

Pisang cavendish merupakan buah pisang yang menjadi primadona ekspor. Kulit buahnya kuning mulus saat matang, tekstur dagingnya lembut, padat dan berisi. Rasanya sedikit asam.

Dalam satu tandan biasanya terdapat 10—14 sisir, satu sisir terdapat 6—9 buah. Buahnya melengkung dengan panjang sekitar 15 cm.

Itulah beberapa varietas pisang unggul yang terdapat di Indonesia.

loading...
loading...