Inilah Manfaat Ajaib Sagu untuk Kesehatan

0

Pertanianku – Sagu merupakan salah satu bahan pokok selain nasi yang dikonsumsi oleh masyarakat. Seperti halnya pada nasi, sagu pun juga memiliki sumber karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia.

inilah-manfaat-ajaib-sagu-untuk-kesehatan

 

 

Sagu berasal dari pati pohon rumbia yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi tepung seperti yang kita ketahui bersama. Di Indonesia sagu lebih dijadikan bahan makanan pokok oleh masyarakat di daerah Timur.

Hasil olahan pohon rumbia itu terdiri atas dua macam, yaitu pati sagu atau tepung sagu dan ampas sagu. Ampas sagu ini bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Kandungan gizi pada sagu tidak setinggi gandum. Meskipun demikian sagu memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat ajaib sagu untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Mencegah kanker

Kandungan prebiotik dalam sagu dipercaya mampu mencegah tumbuhnya sel kanker di usus. Prebiotik dalam sagu berfungsi menyehatkan sel-sel pada usus dan paru-paru. Selain itu, melancarkan peredaran dan pembuluh darah di sekitar usus dan paru-paru.

Baik untuk gula darah

Sagu mengandung serat dan mineral fosfor yang bermanfaat menghambat laju kadar glukosa darah. Selain itu, mampu menghambat penggumpalan gula dalam darah sehingga tidak membentuk kristal-kristal yang menyebabkan peningkatan gula darah.

Mencegah masuk angin

Masuk angin bisa disebabkan oleh faktor kelelahan, pergantian iklim, kurang tidur, dan perjalanan jauh. Sagu dipercaya mampu menyembuhkan rasa sakit pada ulu hati dan perut kembung.

loading...
loading...