Inilah Manfaat Cuka Apel untuk Burung Merpati

Pertanianku – Cuka apel dikenal sebagai minuman dan obat herbal yang memiliki banyak manfaat. Cuka apel tak hanya memiliki manfaat bagi manusia. Ternyata, cuka apel juga bermanfaat untuk burung peliharaan seperti merpati lho. Benarkah demikian?

Hal ini benar adanya. Air cuka apel yang mengandung asam bisa menjadi sumber energi tambahan yang berkhasiat bagi burung. Berbagai macam alternatif untuk menunjang kesehatan burung merpati saat musim hujan terbilang banyak. Salah satu yang mungkin bisa Anda aplikasikan adalah pemberian cuka apel.

Inilah yang dilakukan Rozan Dany Fauzy, breeder merpati sekaligus pemilik Naff Pigeon Loft di Bandung, Jawa Barat, untuk menjaga kesehatan merpati hias miliknya agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Menurut Rozan, cuka apel memiliki banyak manfaat ketika diminum oleh burung merpati.

“Alternatif yang bisa dilakukan selain pemberian multivitamin dan mineral itu cuka apel yang dicampurkan dengan air minum. Cuka apel itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh merpati,” jelas Rozan.

Dikatakan Rozan, selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, cuka apel juga bermanfaat untuk kesehatan organ pencernaan merpati sehingga makanan dapat dengan mudah dicerna. Bakteri yang sewaktu-waktu dapat menyerang juga dapat dicegah dengan pemberian cuka apel ini.

“Cuka apel juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam organ pencernaan merpati, seperti E.coli dan bakteri Salmonella,” lanjutnya.

Dalam pengaplikasiannya, cuka apel tersebut tidak boleh melebihi dosis. Rozan biasanya selalu memberikan cuka apel sebanyak 4 sampai 8 ml per liter dalam kurun waktu 2 kali dalam seminggu terutama saat musim hujan dan pancaroba.

Menurutnya, dengan pemberian cuka apel, kondisi merpati akan lebih tahan terhadap serangan penyakit. Cuka apel ini sendiri dapat dengan mudah ditemukan di apotek ataupun pasar-pasar swalayan yang ada di tiap daerah.

loading...
loading...