Inilah Manfaat Jantung Pisang yang Tersembunyi

Pertanianku – Pisang merupakan salah satu tanaman buah yang semua bagian pada pohonnya dapat dimanfaatkan. Seperti yang kita ketahui, pisang merupakan salah buah paling populer kaya manfaat untuk kesehatan. Buah yang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang ini mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan nutrisi penting lainnya yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

Inilah Manfaat Jantung Pisang yang Tersembunyi

Selain buahnya, bagian lainnya pada pohon pisang juga bermanfaat. Akarnya dapat diolah menjadi kerupuk. Daunnya bisa dijadikan sebagai pembungkus makanan. Jantung pisang dapat menjadi masakan yang lezat.

Tahukah Anda bagian jantung pisang memiliki manfaat yang luar biasa seperti buahnya? Jantung pisang di luar dari batang, lebih tepatnya menggantung bersama buah pisang. Jantung pisang merupakan bagian dari bunga pisang yang berwarna merah keunguan. Bagian inilah tempat buah pisang berasal. Apabila diamati, akan ada bentuk pisang kecil berbunga di dalam setiap bagian jantung pisang. Bagian berwarna merah seperti buah mahoni ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Jantung pisang juga dikenal sebagai bunga pisang yang akan bertukar menjadi buah pisang jika sudah matang. Biasanya, jantung pisang banyak dijual di pasaran. Bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan ini, tetapi tidak tahu manfaatnya, berikut manfaat jantung pisang untuk kesehatan jika sering dikonsumsi.

Mengontrol gula darah

Manfaat jantung pisang yang pertama adalah dapat mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Jantung pisang mengandung beberapa vitamin yang mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Mengurangi infeksi dan peradangan

Manfaat jantung pisang selanjutnya adalah mengurangi infeksi dan peradangan. Jantung pisang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri sama seperti madu. Dengan demikian, jantung pisang dapat mengurangi beberapa masalah kesehatan seperti infeksi jamur, maag, masalah peradangan, radang sendi, dan infeksi lainnya.

Mengatasi anemia

Tidak hanya bayam yang mampu mengatasi masalah sistem peredaran darah. Jantung pisang juga kaya akan zat besi yang merupakan mineral utama untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Bagi Anda yang sedang mengalami anemia, cobalah untuk mengonsumsi jantung pisang agar sel darah merah di dalam tubuh terpenuhi.

Mengatasi dan mencegah sembelit

Sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu gangguan pada pencernaan yang sering dialami oleh setiap orang, terutama pada saat bulan puasa. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasi dan mencegahnya dengan mengonsumsi sayur jantung pisang.

Meningkatkan produksi ASI

Bagi ibu yang baru saja melahirkan, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi jantung pisang. Ini karena kandungan nutrisi tertentu yang ada di dalamnya sudah dipercaya dapat meningkatkan produksi air susu ibu.

Demikianlah beberapa manfaat jantung pisang untuk kesehatan jika rutin mengonsumsinya.

loading...
loading...