Inilah Manfaat Mengonsumsi Jagung untuk Ibu Hamil


Pertanianku – Jagung merupakan makanan penghasil karbohidrat seperti nasi dan gandum. Di Indonesia sendiri, jagung banyak dikonsumsi. Untuk mengonsumsinya, jagung dapat dikukus dan dimakan langsung. Atau, jagung dibuat olahan seperti bakwan jagung. Selain memiliki rasa yang enak, jagung kaya akan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Inilah Manfaat Mengonsumsi Jagung untuk Ibu Hamil

Manfaat jagung untuk ibu hamil dan calon bayi sangatlah banyak. Namun, sebagian orang belum mengetahui manfaat jagung yang luar biasa. Sebab, beberapa vitamin, mineral, dan protein yang terkandung dalam jagung dapat menunjang tumbuh dan kembang janin. Berikut manfaat jagung yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Mengandung asam folat tinggi

Saat hamil, wanita sangat membutuhkan asam folat. Asam folat sangat berguna agar janin tidak mengalami cacat saat lahir. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, salah satunya jagung. Per sajian 100 gram jagung mengandung 19 mcg atau dapat mencukupi sekitar 5% asam folat harian.

Folat adalah asupan nutrisi ibu hamil yang sangat penting untuk dipenuhi, terutama bagi calon ibu yang memasuki usia kandungan triwulan pertama. Sebab, pada masa ini janin membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

  • Memelihara kesehatan denyut jantung

Saat sedang hamil, wanita membutuhkan kalium untuk memelihara kesehatan denyut nadi dan mengurangi risiko plak pada arteri. Jagung memiliki kandungan kalium yang sangat baik. Dengan begitu, ibu hamil dapat terhindar dari tekanan darah tinggi yang membahayakan kesehatan ibu dan calon bayi.

Tidak hanya baik untuk sang ibu, kalium juga berguna menjaga kesehatan janin dalam kandungan dan dapat meningkatkan pembangunan sistem sinyal jantung dan saraf pusat pada janin.

  • Mengatasi anemia pada ibu hamil
Baca Juga:  Merawat Ginjal agar Lebih Sehat dengan Buah dan Sayuran ini

Anemia juga merupakan penyakit yang sering menyerang ibu hamil. Jika dibiarkan, hal ini tentu saja sangat berbahaya. Sebab, ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih banyak untuk membantu dan memelihara pertumbuhan janin.

Ketika anemia, konsumsilah makanan kaya zat besi seperti daging merah, ikan, sayuran hijau, jagung, dan lainnya. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi vitamin C. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi.

  • Menjaga kesehatan plasenta

Manfaat jagung lainnya adalah dapat menjaga kesehatan plasenta. Plasenta adalah tempat calon bayi berada. Di dalam plasenta, janin akan tumbuh dan berkembang hingga dia siap dilahirkan. Untuk menjaga kesehatan plasenta, pastikan ibu hamil mengonsumsi makanan yang memiliki kalium, salah satunya jagung. Kandungan kalium dalam jagung yang cukup banyak bisa menjaga cairan di dalam tubuh sehingga plasenta pun dapat terjaga keamanannya.

  • Menjaga kesehatan mata ibu dan calon bayi

Manfaat jagung untuk ibu hamil dan calon bayi selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata ibu dan calon bayi itu sendiri. Selain kaya protein, kalium, dan mineral, jagung juga kaya vitamin A. Vitamin A tersebut tentu saja memiliki peranan untuk memelihara kesehatan mata pada janin.

Selain vitamin A, jagung juga mengandung lutein, xanthin, dan betakaroten yang memiliki manfaat sama. Vitamin ini pastinya sangat dibutuhkan oleh janin sebelum dilahirkan. Dengan demikian, risiko penyakit mata pada anak akan semakin rendah.

loading...
loading...