Inilah Manfaat Mengonsumsi Jamur Tiram

Pertanianku – Jamur merupakan salah satu makanan yang memiliki rasa khas tetapi lezat. Tak heran jika banyak orang yang menyukainya. Walaupun hanya ditumis secara sederhana, jamur tetap nikmat terasa di lidah. Namun, tak hanya itu saja kelebihan jamur, sebab ia juga kaya akan zat yang kita sebut sebagai nutrisi dan banyak manfaatnya bagi kesehatan.

inilah-manfaat-jika-anda-rutin-mengonsumsi-jamur-tiram

Secara umum jamur ini memberikan manfaat bagi tubuh. Bahkan, beberapa di antaranya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Seperti yang kita ketahui bahwa jamur tiram merupakan jamur yang tumbuh di kayu sehingga orang-orang menyebutnya tanaman perusak kayu. Namun, ternyata setelah diteliti jamur tiram memiliki kandungan tersendiri yang dapat membantu penyembuhan beberapa penyakit. Berikut beberapa manfaat jamur tiram yang perlu Anda ketahui.

Mengurangi risiko jantung lemah

Penyakit jantung sering terjadi karena adanya peredaran darah yang tidak lancar sehingga darah tersumbat dan mengakibatkan tekanan jantung tidak stabil. Mulai dari penyakit jantung lemah hingga koroner bisa terjadi. Untuk itu, jamur satu ini bisa menjadi pencegah terjadinya jantung lemah. Ini karena kandungan gizi jamur tiram mampu menormalkan atau menstabilkan tekanan dan produksi darah dalam jantung.

Mengatasi penyakit liver

Penyakit liver lebih sering disebabkan oleh sudah tidak berfungsinya hati sebagai penawar racun, sedangkan jamur tiram yang berfungsi sebagai antibakterial dan antitumor mampu menjadi penawar racun dalam tubuh. Oleh karena itu, jamur tiram baik dikonsumsi manusia dari berbagai golongan usia. Tentunya, dengan syarat bahwa Anda tidak memiliki jenis penyakit yang melarang Anda untuk tidak mengonsumsi jamur tiram.

Menurunkan kolesterol

Serat merupakan bagian penting dari sumber makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, juga memiliki peranan penting dalam pemeliharaan kesehatan tubuh dan dapat menekan peningkatan kadar kolesterol darah. Meningkatnya kolesterol LDL adalah salah satu unsur penyebab pengerasan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi serat berkadar tinggi, akan sangat berarti dalam mengeluarkan kolesterol dan menurunkan tingkat kepekatan lemak dalam darah. Serat pada jamur juga sangat bermanfaat dalam mencegah terserapnya lemak dari makanan yang telah dikonsumsi.

Seperti diketahui lemak atau kolesterol dalam bentuk lipoprotein yang berkepadatan rendah (low density lipoprotein-LDL) dengan kadar tinggi dapat menjadi penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah ke jantung. Penyumbatan ini bisa menyebabkan penebalan dan pengerasan (atherosclerosis). Selain itu, dapat meningkatkan tekanan darah dan menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung koroner. LDL atau yang sering disebut sebagai kolesterol jahat ini, dapat diturunkan kadarnya dengan mengonsumsi banyak serat.

Kandungan serat pada jamur tiram ini sangat baik buat orang yang mengalami kegemukan dan mengidap penyakit tekanan darah tinggi. Selain itu, jamur tiram dapat memulihkan kesehatan pada penderita gangguan fungsi jantung. Hal ini didukung pula oleh adanya kandungan thiamin dan riboflavin pada jamur.

Mengobati kanker

Dalam suatu pertemuan ilmiah tentang pengawetan kayu pada 1983 melalui makalahnya yang berjudul Jamur Perusak Kayu Merupakan Sumber Bahan Makanan, Sihati Suprapti mengemukakan eksperimen The Mushrooms Association of England terhadap para penderita kanker. Perilaku tersebut dilakukan dengan cara memberi 3 pon jamur tiram putih kepada para penderita kanker setiap minggu, selama enam bulan berturut-turut. Dari percobaan tersebut diperoleh hasil yang menunjukkan efek signifikan jamur tiram terdapat kondisi kesehatan penderita yang berangsur-angsur membaik dan pada akhirnya sembuh.

Hal ini diperkuat oleh penuturan Dr. Ir. Kasno Msc, seorang staf peneliti pada Biotrop, Institut Pertanian Bogor. Jamur tiram putih ternyata mengandung senyawa polisakarida lentinan yang dapat menekan pertumbuhan sel-sel kanker khususnya kanker kolon.

Itulah beberapa manfaat jamur tiram jika rutin dikonsumsi. Sungguh banyak manfaatnya bukan? Cobalah masukkannya menjadi menu harian Anda.

loading...
loading...