Inilah Manfaat Semangka Kuning untuk Kesehatan


Pertanianku – Semangka merupakan buah yang memiliki kandungan air sangat banyak. Daging buah semangka memiki dua warna, yakni merah dan kuning. Sama halnya dengan daging semangka berwarna merah, semangka kuning juga memiliki manfaat yang tak kalah banyak.

inilah-manfaat-semangka-kuning-untuk-kesehatan

Rasa dari buah semangka kuning ini tidak kalah nikmat dan segarnya dengan semangka merah yang biasa kita temui. Selain dari rasa dan warnanya, semangka kuning memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan manfaat. Berikut beberapa manfaat semangka kuning.

  1. Para ahli di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa buah semangka kuning memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Senyawa ini bernama citrulline. Zat citrulline yang terdapat pada kandungan buah semangka kuning ini dapat merangsang senyawa-senyawa kimia lainnya yang terdapat dalam tubuh untuk bekerja sama membantu pembuluh darah lebih rileks dan fleksibel.
  2. Semangka kuning bermanfaat menyehatkan jantung dan dapat melancarkan sirkulasi darah. Hal ini disebabkan oleh asam amino yang terdapat pada kandungan buah semangka kuning. Selain itu, dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.
  3. Semangka kuning dapat bermanfaat untuk menyehatkan fungsi ginjal. Hal ini disebabkan oleh efek diuretik yang dapat merangsang Anda untuk sering buang air kecil.
  4. Semangka kuning juga mengandung senyawa likopen. Senyawa tersebut merupakan zat anti-oksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Anti-oksidan inilah yang dapat melindungi tubuh dari risiko terkena penyakit kanker.
  5. Bagi Anda yang memiliki gejala tekanan darah tinggi, disarankan untuk rutin mengonsumsi buah semangka kuning. Semangka kuning memiliki kandungan yang kaya akan kalium. Senyawa kalium inilah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  6. Kandungan mineral yang terdapat pada buah semangka kuning sangatlah melimpah sehingga dapat menjadi pelepas dahaga. Selain dapat menghilangkan dahaga saat haus, juga dapat menghilangkan rasa lelah karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga rasanya sangat menyegarkan.
  7. Mengonsumsi buah semangka kuning sangat ampuh mengatasi masalah saluran pencernaan. Buah semangka kuning memiliki kandungan serat alami yang sangat baik dalam mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, dapat mencegah terjadinya sembelit dan susah buang air besar.
  8. Semangka kuning juga bermanfaat menurunkan demam dan mengatasi sariawan karena buah ini memang telah terbukti ampuh mengatasi demam dan sariawan sejak zaman dahulu.
Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik

Itulah beberapa manfaat buah semangka kuning untuk kesehatan.

loading...
loading...