Inilah Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Pertanianku – Yoghurt merupakan salah satu makanan olahan yang terbuat dari susu yang difermentasi menggunakan bakteri seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Inilah Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Rasa asli yoghurt sebenarnya asam. Namun, masyarakat kurang menyukainya. Oleh karena itulah, muncul banyak varian yoghurt dengan rasa buah dan diberi sedikit rasa manis di dalamnya.

Tahukah Anda manfaat yoghurt sangat luar biasa? Selain rasanya enak, Anda juga bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi yoghurt. Berikut manfaat yoghurt.

Menyehatkan pencernaan

Apakah Anda memiliki masalah pada perncernaan? Jika ya, cobalah untuk mengonsumsi yoghurt. Hal ini karena pada yoghurt terdapat bakteri baik. Atau, bahasa kerennya itu prebiotik. Jadi, ketika Anda minum yoghurt, sama saja Anda minum bakteri baik.

Fungsi dari bakteri yang ada dalam yoghurt ini adalah untuk menyeimbangkan mikroflora yang ada dalam usus. Dengan begitu, pencernaan Anda akan terjaga dan sehat.

Mencegah darah tinggi

Sekitar 70% manusia mengonsumsi garam dua kali lebih banyak setiap harinya dari jumlah yang disarankan. Hal ini yang akan menyebabkan hipertensi jika dilakukan terus-menerus. Di dalam yoghurt ada senyawa bernama sodium yang dapat membuang kelebihan sodium dari dalam tubuh.

Mencegah penyakit osteoporosis

Jeri Nieves, Directore of Bone Density Testing di Rumah Sakit Hayes Helen New York mengatakan bahwa gizi cukup memainkan peranan penting dalam mencegah dan mengobati osteoporosis dan mikronutrie. Dan penyumbang gizi terbesar dari kalsium dan vitamin D.

Susu banyak mengandung kalsium yang telah terbukti mempunyai efek baik bagi kepadatan masa tulang. Asam laktat menyerap banyak kalsium dan fosfor yang mampu membantu untuk menambah kekuatan tulang. Vitamin K dalam yoghurt bermanfaat membantu metabolisme tulang.

Mencegah kanker usus besar

Bakteri di dalam yoghurt sangat bagus untuk menjaga kesehatan usus besar. Bakteri yang bernama Lactobacillus merupakan jenis bakteri ramah untuk usus yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri sehat di dalam usus besar. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi risiko penyakit usus besar.

Bakteri baik bisa membunuh mikroorganisme berbahaya dalam usus sebelum mereka menjadi karsinogenik, yaitu zat yang menyebabkan penyakit kanker. Ditambah, kandungan kalsium yang sangat tinggi dalam yoghurt dapat mengikat produksi kanker asam empedu dan bisa melindungi dinding usus besar.

Menurunkan kolesterol

Yoghurt dengan kandungan probiotiknya sangat efektif menurunkan kadar kolesterol. Probiotik bertugas menurunkan sintesis kolesterol dalam hati dengan bantuan ikatan asam empedu.

Penyakit jantung di antara orang yang mempunyai penyakit diabetes tipe 2 dapat diatasi dengan yoghurt yang dikonsumsi secara rutin.

Menguatkan tulang (hi-calcium)

Selama hidupnya, manusia membutuhkan kalsium setiap hari. Kita perlu tahu bahwa kalsium juga dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dapat juga meluruskan tulang bungkuk akibat aktivitas dengan beban yang sangat berat. Oleh karena itu, mengonsumsi yoghurt membantu Anda menjaga tulang dengan baik dan mendukung aktivitas harian.

Sangat banyak bukan manfaat yoghurt? Namun, disarankan untuk mengonsumsi yoghurt jangan berlebihan. Konsumsilah yoghurt dengan batas yang wajar.

loading...
loading...