Inilah Media yang Tepat untuk Beternak Semut Rangrang


Pertanianku – Semut rangrang saat ini banyak diternakkan oleh masyarakat. Hal ini karena, semut rangrang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

inilah-media-yang-tepat-untuk-beternak-semut-rangrang

Sebelum memulainya Anda harus memahami cara beternak semut rangrang dengan baik dan benar. Salah satunya adalah media-media yang tepat untuk beternak semut rangrang. Berikut penjelasannya.

  • Toples

Kelebihan menggunakan toples adalah Anda bisa mengamati perkembangan semut setiap saat, pembuatan media dapat menggunakan bahan bekas serta biaya pembuatannya juga relatif kecil. Sementara itu, kekurangannya adalah semut lama untuk berkembang biak dan membuat sarangnya, pelaksanaan panen, dan sesudah panen yang sulit, membutuhkan tempat yang luas dan telur yang dihasilkan semut hanya akan habis untuk membuat sarang.

  • Bambu

Kelebihan menggunakan bambu adalah bahan mudah didapat dan biaya pembuatan medianya relatif kecil. Kekurangannya, semut lama untuk beradaptasi untuk berkembang biak dan bisa berpindah ke media yang lain. Selain itu, hasil telurnya juga sedikit dan kecil-kecil.

  • Botol bekas

Kelebihan menggunakan botol air mineral adalah bahan mudah didapat, biaya pembuatan media yang kecil, serta dapat menggunakan botol bekas. Kekurangannya adalah semut berpotensi bersarang di luar media, cara pemanenan yang sulit, hasil produksi telur tidak begitu maksimal, serta semut sering berpindah-pindah media.

Itulah beberapa metode dan media ternak semut rangrang yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat untuk Anda yang akan menjalankan usaha ini.

Baca Juga:  Jangkrik Ini Dijual Rp100-an Juta!
loading...
loading...