Inilah Varietas Jeruk Terbaik di Indonesia: Jeruk Berastagi


Pertanianku – Komoditas buah-buahan lokal Indonesia ternyata tidak kalah berkualitasnya dengan buah-buahan impor. Salah satu jeruk yang berasal dari Medan, yakni jeruk berastagi membuktikan kualitasnya. Pasalnya, jeruk berastagJeruk Berastagi dinobatkan menjadi jeruk terbaik di Indonesia.

inilah-varietas-jeruk-terbaik-di-indonesia-jeruk-berastagi

Kepala Badan Keamanan Hayati Karantina Pertanian, Ir. Islana Ervandiari, MM, mengakui bahwa hingga saat ini jeruk berastagi masih menjadi ‘The Best‘ jeruk di Indonesia.

Karena memiliki kualitas yang bagus dan telah menjadi jeruk terbaik di Indonesia, membuat jeruk ini harganya terus naik. Jeruk ini memang memiliki harga lebih mahal ketimbang jeruk jenis lainnya. Namun, untuk soal rasa jeruk ini tak pantas diragukan.

“Jeruk berastagi masih menjadi ‘The Best‘ jeruk di Indonesia, maka harganya terus naik, bila dibandingkan dengan model jeruk yang lain,” jelas Islana seperti mengutip Jitunews.

Islana menambahkan, untuk saat ini harga jeruk satu ini masih berada pada kisaran Rp40.000/kg, sedangkan jeruk lainnya berada pada kisaran Rp20.000.

Tingginya harga jeruk ini tersebut karena kualitasnya yang cukup bagus bila dibandingkan dengan jenis jeruk yang lainya.

“Kalau misalnya jeruk ini dijual dengan harga yang sama dengan jeruk lain, pasti jeruk berastagi ini akan habis lebih dulu,” lanjutnya.

Namun, lanjut Islana, salah satu yang menjadi masalah saat ini adalah harga jeruk ini cukup tinggi, karena jarak rantai distribusi jeruk tersebut masih cukup jauh dan mahal.

“Jeruk ini kan hanya bisa ditanam di Berastagi Medan. Maka proses distribusinya hingga ke Jakarta cukup jauh membutuhkan biaya yang cukup besar,” kata Islana.

Namun menurut Islana, untuk bisa memperpendek rantai pasokkan ini pihak peneliti Balitbangtan terus melakukan langkah penelitian agar sejumlah jeruk yang berpotensi seperti jeruk berastagi bisa lebih adaptif dan bisa ditanam di mana saja di Indonesia.

Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas Kakao dengan Cara Ini
loading...
loading...