Inilah Waktu Jagung Manis Siap Panen

Pertanianku — Pada budidaya jagung manis, hal yang paling ditunggu-tunggu oleh petani adalah saat panen tiba. Ini karena panen merupakan waktu penentuan apakah penanaman jagung manis tersebut berhasil atau tidak. Biasanya panen jagung manis lebih banyak mendapatkan keuntungan daripada kerugiannya.

Inilah Waktu Jagung Manis Siap Panen

Panen jagung manis tergolong sangat cepat. Jangka waktunya sekitar dua bulan dari masa tanam. Dengan begitu, petani jagung manis tidak perlu menunggu lama untuk menikmati hasil tanamnya.

Setelah panen dilakukan, bukan berarti semuanya sudah selesai. Masih ada kegiatan lanjutnya. Kegiatan yang dimaksud tersebut adalah pengelolaan pascapanen. Pascapanen sendiri merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan oleh para petani jagung manis. Ini karena sisa lahan sebelumnya akan digunakan kembali untuk menanam jagung yang baru.

Umur jagung manis siap panen

Saat jagung manis sudah terlihat berbunga dan mulai melakukan pengisian biji, itu menjadi sebuah pertanda bahwa waktu pemanenan sebentar lagi. Oleh karena itu, para petani jagung manis sudah harus bersiap-siap untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan untuk melakukan pemanenan jagung manis.

Pada umumnya pembungaan terlihat ketika tanaman telah memasuki umur sekitar 42 hari. Setelah pembungaan, barulah disusul dengan pengisian biji secara penuh. Pemanenan dapat dilakukan setelah tanaman memasuki usia 2 bulan atau 60 hari.

Waktu umur panen panen jagung

Panen jagung manis dilakukan setelah hari ke-63. Ini bertujuan agar biji jagung terisi penuh. Usahakan pemanenan jangan dilakukan lebih dari 67 hari. Ini karena dapat menyebabkan jagung manis menjadi tidak manis lagi. Selain itu, dapat terjadi perubahan warna dan bentuk dari tekstur jagung manis tersebut.

Biasanya para petani jagung manis siap panen biasanya pada pagi hari. Ini karena pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk dilakukan pemanenan. Usahakan pemanenan dilakukan menurut varietasnya agar tidak terlalu sulit.

Pemanenan tidak berpengaruh terhadap usia dari jagung manis tersebut. Pemanenan dapat dilakukan saat ujung tongkol dari jagung manis tersebut telah terisi penuh. Selain itu, warna biji jagung manis telah menguning. Bukan hanya itu, untuk pemanenan baru dapat dilakukan ketika rambut jagung manis telah berwarna kecokelatan. Jika ciri-ciri tersebut telah ada pada jagung manis—tetapi belum mencapai masa panen, pemanenan sudah dapat dilakukan.

loading...
loading...