Investasi Perikanan RI Dikuasai Asing, Apa Langkah Pemerintah?


Pertanianku – Para investor perikanan sebagian berasal milik asing, terutama yang terdapat di pulau-pulau kecil. Oleh karena itu, jangan sampai mengedepankan prinsip privatisasi pihak asing. Sebab, dapat mengurangi akses masyarakat dan pengelolaan potensi sumber daya untuk kesejahteraan.

investasi-perikanan-ri-dikuasai-asing-apa-langkah-pemerintah

“Kalau diserahkan kepada asing akan melemahkan kontrol negara dalam melakukan pengawasan sumber daya,” kata Direktur Eksekutif Center for Maritime Studies and Humanity, Abdul Halim di Jakarta, kemarin, seperti dilansir Okezone (6/12).

Abdul mengatakan dengan tegas bahwa perlu diwaspadai upaya-upaya pemberian hibah atau pinjaman lunak yang diberikan pihak asing kepada berbagai program yang berkedok sebagai upaya konservasi atau pelestarian kelautan.

Abdul mengatakan bahwa pemerintah seharusnya dapat memberdayakan masyarakat terutama yang bertempat tinggal di pulau-pulau kecil terluar dalam rangka mengelola berbagai potensi yang terdapat di pulau tersebut.

Untuk itu, Abdul berpendapat bahwa pola yang seharusnya dikembangkan bukanlah mengharapkan investasi asing, melainkan pola partisipatif dengan membangun kemitraan dengan warga lokal.

“Praktek privatisasi dan komersialisasi terhadap pulau-pulau kecil merugikan masyarakat yang tinggal di pulau itu,” ungkapnya.

Abdul Halim mengingatkan, praktik campur tangan asing seperti dalam bungkus kawasan konservasi juga bisa membuat nelayan sukar mengakses kawasan tangkap tradisional mereka.

Baca Juga:  Panen Nila 500 Gram per Ekor
loading...
loading...