Jangan Makan Buah Setelah Makan Berat, Inilah Sebabnya


Pertanianku – Makan buah setiap hari sebenarnya memang sangat dianjurkan. Hal ini karena buah merupakan sumber vitamin yang amat dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kesehatannya. Selain memiliki kandung nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat, buah juga tidak mengandung lemak. Jadi, lebih sehat untuk tubuh.

Jangan Makan Buah Setelah Makan Berat, Inilah Sebabnya

Manfaat buah untuk tubuh memang sangat banyak. Buah juga diketahui bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Penyakit ringan ataupun penyakit kronis mampu disembuhkan dengan mengonsumsi buah.

Selain menjadi makanan yang menyehatkan bagi tubuh, buah juga menjadi sumber vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan vitamin inilah yang paling istimewa dari buah yang tidak dapat ditemukan di makanan yang lainnya. Buah juga merupakan sumber anti-oksidan alami yang sangat baik bagi tubuh.

Kebanyakan masyarakat Indonesia mengonsumsi buah sehabis makan berat. Hal ini karena mengonsumsi buah dianggap oleh sebagian besar orang sebagai pencuci mulut sehabis makan. Namun, faktanya ini sangat salah.

Setelah mengonsumsi makanan berkarbohidrat, lalu setelahnya mengonsumsi buah akan berdampak buruk. Ini karena kandungan zat dalam buah diproses oleh hati dan berubah menjadi glikogen.

Ketika Anda mengonsumsi buah setelah makan, kemungkinan glikogen dari buah tidak dicerna menjadi energi, tetapi menjadi lemak. Ini karena sudah banyak glikogen yang diproduksi dari makanan yang Anda konsumsi.

Inilah sebabnya mengapa mereka yang menderita kelebihan berat badan dianjurkan untuk tidak makan buah setelah makan.

Kandungan gula pada buah manis seperti pisang atau apel terbilang sehat. Dampaknya setelah dikonsumsi cukup aman dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah.

Hal itu dikarenakan buah mengandung serat yang dapat menahan lonjakan kadar gula dalam darah. Dengan mengatur pola konsumsi buah yang tepat, risiko penyakit bawaan seperti gula darah pada penderita obesitas setidaknya bisa diminimalisir.

Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas Kakao dengan Cara Ini

Waktu yang tepat untuk konsumsi buah adalah sebelum makan (perut kosong) atau setelah olahraga. Dengan begitu, glikogen dari buah-buahan akan berubah jadi energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

loading...
loading...