Jatuh Bangun Usaha Peternakan Sapi Perah di Indonesia


Pertanianku – Usaha peternakan sapi perah di Indonesia saat mengalami keterpurukan. Bagaimana tidak, hal ini dipicu karena harga susu segar yang terus anjok yang membuat banyak peternak sulit untuk terus mengembangkan usahanya. Terlebih banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada usaha peternakan sapi perah. Ditambah lagi minat masyarakat untuk bisa mengonsumsi susu segar terus menurun.

jatuh-bangun-usaha-peternakan-sapi-perah-di-indonesia

“Sekarang kondisi sektor peternakan sapi perah sudah berada pada posisi hidup enggan mati tak mau, karena prospek usahanya sudah tidak menjanjikan,” ungkap Ketua Asosiasi Peternak Sapi Perah Indonesia (APSPI), Agus Warsito, seperti mengutip Jitunews (14/12).

Agus mengatakan, untuk saat ini peternakan skala rumah tangga masih menyumbangkan 85% untuk produksi susu nasional dan ini merupakan kondisi riil. Untuk jumlah sapi perah yang dimiliki oleh setiap sektor usaha sapi perah untuk yang skala kecil rata-rata hanya memiliki 50—200 ekor sapi, sedangkan untuk peternakan yang skala besar bisa mencapai 200 ekor sapi.

Ia menjelaskan bahwa untuk posisi sektor peternakan sapi perah pada saat ini sangat sulit dimana posisi tawar untuk sapi perah sudah sangat rendah.

“Sama sekali nggak sebanding dengan pengeluaran untuk perawatan sapi tersebut. Namun, pada saat ini para peternak sapi perah sudah tidak ada pilihan lain selain bagaimana untuk mempertahankan usahanya tetap berjalan. Ini terjadi di semua sisi baik yang skala rumah tangga, skala kecil dan juga skala besar,” tutur Agus.

Agus menuturkan, dengan melihat sektor usaha peternakan sapi perah yang saat ini sudah tidak menjanjikan, banyak para pelaku permodalan sudah mulai meninggalkan dan tidak mau menginvestasikan modalnya di peternakan sapi perah.

Ngapain melakukan investasi kalau kenyataannya sektor usaha tersebut justru tidak menguntungkan,” lanjutnya.

Baca Juga:  Begini Caranya Atur Cahaya untuk Kandang Layer

Oleh karena itu, Agus berharap agar pemerintah mulai membantu sektor usaha peternakan sapi perah yang saat ini sedang mengalami kesulitan dalam sektor usaha sehingga sektor usaha sapi perah ini terus berjalan baik.

loading...
loading...