Kiat Sukses Beternak Bebek Petelur


Pertanianku – Kebutuhan telur bebek di Indonesia cukup tinggi. Hal ini karena banyak makanan yang memakai bahan dasar telur bebek seperti telur asin, martabak telur, dan lainnya. Pecinta telur bebek di Indonesia pun cukup banyak. Banyaknya konsumsi inilah yang menyebabkan kebutuhan terhadap telur bebek akan selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Kiat Sukses Beternak Bebek Petelur

Minat masyarakat yang sangat tinggi menyebabkan budidaya bebek pedaging dan petelur memiliki potensi besar jika dikembangkan. Beternak bebek petelur menjadi salah satu pilihan budidaya unggas yang cukup mudah untuk dijalankan. Hal ini karena daya tahan bebek petelur cukup tinggi terhadap serangan penyakit.

Seperti yang kita tahu, virus flu burung bahkan jarang yang terjangkit pada bebek. Dengan begitu, Anda tidak akan dipusingkan pemberian vaksin pada unggas.

Kesadaran masyarakat dalam mengelola kesehatan dan nutrisi pada unggas yang sedang dibudidayakan juga menambah hasil penjualan telur bebek. Ini karena memang benar bahwa telur bebek memilik manfaat yang jauh lebih banyak dan lengkap dibandingkan dengan telur ayam kampung atau unggas lainnya.

Beternak bebek juga lebih mudah daripada ayam. Berikut beberapa kiat sukses beternak bebek bebek.

  1. Persiapan bibit unggul dapat dilakukan dengan membeli anakan bebek (day old duck/dod) yang masih berumur sehari sampai tiga hari.
  2. Pemilihan lokasi kandang yang tepat, yaitu memilih tempat yang tidak terlalu gaduh dan jauh dari lalu lintas kendaraan.
  3. Perawatan kandang yang baik. Walaupun bebek terkenal dengan daya tahannya, Anda harus tetap menjaga kandangnya bersih dan nyaman seperti memasang anyaman bambu atau dengan menambahkan batu-batu kecil pada alasnya agar terhindar dari stres dan produktivitasnya juga terjaga.
  4. Menjaga asupan gizi pada pakan bebek dengan mengatur pakan yang diberikan pada bebek di antaranya memberi protein dan karbohidrat yang cukup.
Baca Juga:  Menekan Biaya Pakan dengan Enzim

Dengan cara pembudidayaan yang sangat mudah ini, akan banyak keuntungan yang Anda dapatkan pada saat panen. Selain produksi telur yang optimal, Anda juga dapat memanfaatkan kotoran bebek sebagai pupuk.

loading...
loading...