Konsumsi Sayuran ini Jika Anda Ingin Berenergi Saat Olahraga

Pertanianku – Baru-baru ini terdapat penelitian yang menemukan bahwa asupan nitrat pada bayam dapat meningkatkan kemampuan seseorang ketika olahraga. Terutama, saat berada di dataran tinggi dengan kondisi oksigen yang rendah.

Konsumsi Sayuran ini Jika Anda Ingin Berenergi Saat Olahraga

Nitrat, yang biasa ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam, penting untuk fungsi tubuh manusia, terutama selama berolahraga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi nitrat berhubungan dengan kemampuan seseorang ketika olahraga, dalam kondisi oksigen yang rendah seperti lari cepat, lari dengan jarak pendek ataupun olahraga lain dengan intensitas tinggi.

Untuk penelitian ini, tim peneliti dari University of Leuven di Belgia memeriksa 27 peserta yang sudah cukup terlatih. Mereka diberi suplemen nitrat sebelum melakukan lari cepat dan mengambil sesi bersepeda singkat, tetapi intens tiga kali seminggu.

Selanjutnya, untuk menilai perbedaan kemampuan olahraga dalam kondisi oksigen yang berbeda, mereka melakukannya dalam keadaan oksigen normal dan juga hipoksia, di mana kadar oksigen rendah, seperti yang ditemukan di dataran tinggi.

Setelah lima minggu, komposisi serat otot berubah seiring dengan asupan nitrat yang juga ditingkatkan ketika olahraga dalam kondisi oksigen yang rendah.

“Ini mungkin adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa strategi suplementasi gizi sederhana, berupa asupan nitrat lisan dapat berdampak pada perubahan tubuh seseorang ketika berolahraga. Komposisi serat otot dalam tubuh seperti diinduksi,” jelas Peter Hespel, Profesor di University Leuven seperti dilansir Boldsky.

Atlet yang berpartisipasi dalam kompetisi olahraga, tentu memerlukan produksi energi bersamaan dengan jumlah oksigen mereka yang terbatas. Dalam kondisi ini, tubuh memerlukan asupan yang tinggi pada serat otot dan oksidatif untuk mempertahankan energi.

Studi tersebut juga mengatakan bahwa meningkatkan serat otot melalui asupan gizi bisa sangat baik untuk kinerja saat manusia berolahraga.

loading...
loading...