Konsumsi Sayuran Mentah vs Jus Sayur, Mana yang Lebih Sehat?

Pertanianku – Saat ini masyarakat mulai sadar akan kesehatan dan mulai mengonsumsi jus buah secara rutin. Banyak pula yang mulai rutin mengonsumsi sayuran mentah. Namun, antara konsumsi sayuran mentah dan jus sayur manakah yang dianggap lebih sehat?

Konsumsi Sayuran Mentah vs Jus Sayur, Mana yang Lebih Sehat?

Beberapa orang lebih suka mengonsumsi sayur dengan cara diolah menjadi jus demi merasakan cita rasa yang berbeda. Namun, sebagian yang lain menganggap makan sayur mentah lebih menyehatkan.

Sayuran memang sebaiknya dikonsumsi dua sampai tiga porsi setiap hari. Porsi ini bahkan bisa bertambah sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Akan tetapi, untuk urusan nutrisi yang terkandung antara sayur mentah dan jus sayur, Anda perlu menyimak penjelasannya dulu seperti yang dilansir dari Health Me Up. Berikut penjelasannya.

Pencernaan

Makanan utuh seperti sayur yang dinikmati mentah butuh waktu lama untuk dicerna. Sementara itu, jus memang lebih cepat dan mudah untuk langsung diproses oleh tubuh.

Serat

Sayangnya, mengolah sayuran dalam bentuk jus ternyata menghilangkan kandungan serat. Padahal, fungsi mengonsumsi sayuran salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh.

Mengonsumsi jus sayur tetap bisa dinikmati jika Anda memang ingin mendapatkan nutrisi dengan cara yang mudah dan cepat. Namun, sebagai pengganti serat, cobalah mengonsumsi makanan lain seperti buah segar dan gandum.

Seimbangkan keduanya

Makan sayur mentah ataupun minum jus sayur memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, tidak perlu memilih salah satunya. Sebaliknya, nikmati keduanya dalam jumlah yang seimbang.

loading...
loading...