Pertanianku – Apakah Anda pernah melihat tanaman dalam pot yang tersusun secara kreatif di dinding? Berkebun secara kreatif ini dapat Anda lakukan di pekarangan untuk mempercantik tampilan rumah. Bahkan, bertanam secara kreatif ini juga bisa kita jumpai di lobi hotel, dan perkantoran.

Dinding tanaman hidup merupakan salah satu bentuk taman vertikal atau tanaman bertingkat. Hal ini juga menjadi salah satu solusi memperindah tampilan dinding rumah yang kosong atau membuat taman yang indah di area pekarangan yang sempit.

Untuk membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu menyusun pot secara bertingkat sesuai kreasi. Tanaman yang dapat dipilih pun sangat beragam. Mulai dari tanaman hias hingga tanaman sayur, tergantung selera Anda.

Pembuatan dinding tanaman hidup tergantung dari desain dan jenis tanamannya. Namun, pada prinsipnya diperlukan sistem pendukung yang meliputi pembatas untuk melindungi tembok dari tanaman, tempat untuk mengalirkan air, dan media tanam. Selain itu, dinding tanaman hidup juga perlu perawatan seperti pemangkasan sehingga dinding tanaman hidup atau taman vertikal akan tertata rapi dan indah.

Proses pemeliharaannya pun sangat sederhana dan mudah dilakukan. Caranya, rutin melakukan penyiraman, sekali sehari atau dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari, tergantung kondisi cuaca lingkungan. Dengan memelihara tanaman di pekarangan rumah, kondisi pekarangan rumah Anda akan semakin menarik dipandang mata.

Pastikan lokasi taman dinding Anda memperoleh cahaya yang cukup. Hal ini karena cahaya merupakan salah satu faktor penting untuk melakukan fotosintesis sehingga tanaman dapat tumbuh sehat. Sebelum membuat dinding tanaman hidup, Anda harus memikirkan aspek cahaya ini. Apakah taman Anda akan akan memperoleh cahaya matahari yang cukup dari jendela, pintu, atau atap. Bila sulit mendapatkan cahaya matahari, Anda harus memasang penerangan khusus untuk keperluan hidup tanaman dan ini tentunya memerlukan biaya tambahan.

Itulah salah satu contoh bertanam secara kreatif di pekarangan rumah. Tertarik untuk mencobanya?

loading...
loading...