Kucing Peliharaan Anda tidak Nafsu Makan? Inilah Tips Jitunya


Pertanianku – Jika Anda memelihara kucing, apa yang akan Anda lakukan jika kucing peliharaan kurang nafsu makan? Kurangnya nafsu makan pada hewan peliharaan seperti kucing banyak dikeluhkan oleh pemiliknya.

kucing-peliharaan-anda-tidak-nafsu-makan

Kondisi ini bukan merupakan suatu penyakit, melainkan efek dari adanya penyakit atau perubahan pola makan. Kurang nafsu makan pada kucing ini pun akan disertai gejala klinis lainnya seperti demam, lesu, dehidrasi, muntah, dan gejala lain yang terlihat.

Kita pasti akan dibuat repot jika kucing peliharaan kita tidak mau makan. Kadang sudah diberikan makanan yang biasa dia makan pun tidak dimakan. Penyebab tidak nafsu makan ini memang beragam sehingga perlu diketahui penyebabnya lalu diberikan penangannya. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, akan berbahaya bagi kucing. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi kucing yang nafsu makan.

  1. Jangan mengubah tempat makan, posisi tempat makan, dan waktu makan

Kucing biasanya sangat terbiasa dengan pola yang berulang. Perubahan sedikit saja dapat menyebabkan kucing kehilangan nafsu makannya sehingga sebaiknya jika akan melakukan perubahan tidak drastis, tetapi perlahan-lahan. Waktu makan yang reguler atau tetap pun sebenarnya memudahkan pengaturan diet untuk kucing.

  1. Buat variasi makanan

Memakan makanan yang sama setiap harinya tentu membuat bosan. Anda bisa menambahkan ikan rebus, daging cincang, sardine, jeroan ayam, jeroan sapi, atau apa pun yang dapat dicampurkan dengan makanan yang biasa dia makan. Biasanya variasi makanan ini akan menambah nafsu makannya. Selain itu, memberikan snack dengan buah pun dapat meningkatkan nafsu makannya.

  1. Tambah protein pada makanannya

Cara ini sangat baik digunakan pada kucing, menambahkan makanan kucing dengan makanan lain yang tinggi protein seperti ikan rebus, makanan kitten, serta ikan kalengan dapat membuat nafsu makan kucing meningkat.

  1. Memberikan suplemen meningkatkan nafsu makan kucing
Baca Juga:  Kebun Binatang Bandung Melepasliarkan 40 Burung Jalak Kebo

Sebenarnya suplemen untuk meningkatkan nafsu makan pada kucing ini bisa diberikan kapan saja, tidak hanya saat mengalami kondisi tidak nafsu makan. Biasanya suplemen mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Secara alami, dapat menggunakan temulawak atau kunyit, tidak hanya bisa meningkatkan nafsu makan pada manusia, tetapi bisa juga digunakan untuk meningkatkan nafsu makan pada kucing.

loading...
loading...