Kulit Udang Ternyata bisa Dimakan Lho


Pertanianku – Bagi Anda pecinta makanan seafood pastilah menyukai udang. Di Indonesia udang merupakan makanan primadona yang banyak digemari. Bagaimana tidak, udang yang memiliki tekstur dagingnya yang lembut dan manis ini amat sangat mengundang selera.

Kulit Udang Ternyata bisa Dimakan Lho

Banyak orang mengonsumsi udang pasti akan membuang kulitnya bukan? Namun, tahukah Anda jika ternyata kulit udang bisa dimakan? Mari kita simak penjelasan tentang kulit udang berikut.

  • Menambah tekstur renyah

Mau merasakan udang yang Anda santap lebih terasa nikmat? Coba makan bersama kulitnya. Pasalnya, jika udang dimasak dengan benar, kulitnya akan terasa renyah dan menambah kenikmatan saat makan udang. Terlebih jika udang digoreng bersama tepung. Di Jepang dan Cina banyak olahan udang goreng yang kulitnya tidak dibuang, tetapi sengaja dimasak agar bisa dikonsumsi semua bagian dari udang. Perlu Anda diketahui, bagian tubuh udang yang harus dibuang hanyalah bagian vena yang terdapat pada punggung udang.

  • Bisa dibuat kaldu

Jika Anda beli udang dan kulitnya tidak ingin dimakan, jangan buang mereka, segera sisihkan kulit udang dan buat jadi kaldu.

Kaldu dari udang dan kepala udang ini jika direbus akan mengeluarkan sari-sari udang yang gurih nikmat dan bisa diolah menjadi bermacam hidangan. Kaldu ini bisa dibuat tambahan sup ikan atau seafood yang Anda buat. Atau, dapat digunakan sebagai pengganti kaldu sapi dan ayam.

  • Kepala udang punya rasa nikmat

Kepala udang hampir sama dianggap sampah seperti kulit udang yang sering terbuang. Padahal, kepala udang punya sari udang yang nikmat. Selain bisa dibikin kaldu bersama kulit udang yang lebih umami, tak ada salahnya Anda coba seruput kepala udangnya (untuk udang besar). Konon, rasa dari kepala udang ini lebih gurih ketimbang daging udang.

Baca Juga:  Ikan Patin Asal Vietnam Mengandung Zat Berbahaya
loading...
loading...