Lakukan Hal Ini Jika Ingin Bisnis Budidaya Tomat Ceri Berjalan Baik

0

Pertanianku – Apakan Anda adalah seorang yang hobi bercocok tanam? Atau, memang Anda bergelut di bidang pertanian? Bagi Anda yang menggemari atau mempunyai hobi bertanam, tidak ada salahnya menjadikan hobi tersebut menjadi peluang usaha yang menjanjikan kesuksesan. Banyak sekali pilihan peluang bisnis yang berhubungan dengan tanaman. Anda bisa menekuni bisnis tanaman hias atau tanaman obat sesuai dengan keinginan. Dan, salah satu peluang usaha di bidang tanaman adalah budidaya tomat ceri secara hidroponik. Bagi Anda yang ingin melakoni bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

lakukan-hal-ini-jika-ingin-bisnis-budidaya-tomat-ceri-berjalan-baik

Syarat lingkungan

Tanaman tomat ceri cocok ditanam pada daerah yang memiliki ketinggian 600—1.500 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu sekitar 17—28°C.

Penyemaian dan penanaman

Untuk memulai budidaya tomat ceri, Anda harus melakukan penyemaian benih. Benih bisa Anda dapatkan dari biji tomat ceri. Penyemaian bibit menggunakan tray atau wadah persemaian berbentuk kotak bersekat berbahan plastik, yang diisi dengan media tanam berupa rock wool (bentuknya mirip sabut kelapa). Setelah satu bulan dan tingginya mencapai 15 cm, barulah bibit bisa dipindahkan ke lokasi tanam di dalam green house. Selanjutnya, bibit tersebut ditanam dalam polybag ukuran 30—35 cm berisi arang sekam yang disusun berjajar.

Pemeliharaan

Selama pemeliharaan, kondisi green house diusahakan selalu tertutup dan steril agar tanaman tidak terserang penyakit. Pengecekan tanaman harus rutin terutama terhadap serangga dan membuang daun tua supaya area tanam tetap bersih, serta membuang buah yang sudah penyok bekas terkena kuku atau pecah.

Untuk penyiraman tanaman tomat, dilakukan bersama dengan pemupukan menggunakan alat drip irigation atau irigasi tetes. Sementara untuk pupuk, dilarutkan dalam air dan disiram ke tanaman. Dalam sehari, penyiraman dilakukan 2 kali. Pada kondisi cuaca panas bisa dilakukan 3 kali sehari.

Pemupukan

Pupuk yang digunakan adalah pupuk khusus hidroponik yang disebut larutan AB mix. Takarannya, pupuk cair diencerkan dengan air dengan komposisi air = X ml pupuk × 200. Misalnya, larutan pupuk A 5 ml, pupuk B 5 ml, maka airnya = 500 × 200 = 1.000 ml. Untuk memupuk 500 tanaman, dibutuhkan 45 liter pupuk AB mix yang diperlukan dalam satu bulan.

Panen

Setelah lama penyemaian benih menjadi bibit selama satu bulan, dalam 2—3 bulan kemudian sudah bisa dilakukan panen untuk pertama kalinya. Tanaman ini dipanen 2 hari sekali sampai sekitar 5—6 bulan lamanya. Jadi, total produktivitas tomat ceri sekitar 10 bulan dan setelah itu harus diganti bibit baru. Buah yang sudah dipanen tidak perlu dicuci untuk mencegah kebusukan, tetapi cukup dilap agar bersih dan langsung dikemas, baik dengan styrofoam maupun dibungkus plastik wrapping. Suhu penyimpanan tomat ceri yang baik sekitar 5—10°C. Dengan metode tersebut, tomat ceri bisa bertahan 1—2 minggu lamanya.

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini antara lain tempat usaha atau menanam tomat ceri, pembelian bahan baku seperti bibit, pupuk dan lain sebagainya serta biaya operasional lainnya.

loading...
loading...