Lakukan Hal Ini Jika Ingin Mempercepat Pembungaan Durian


Pertanianku – Durian adalah buah yang memiliki harga cukup mahal dibanding buah pada umumnya. Oleh karena itu, banyak petani lebih memilih untuk menjadi petani durian karena buah ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan tentunya akan menambah keuntungan petani.

Lakukan Hal Ini Jika Ingin Mempercepat Pembungaan Durian

Dalam penanamannya terkadang beberapa petani tidak memerhatikan beberapa hal penting agar durian yang ditanam bisa berbuah dengan lebat. Terdapat beberapa faktor agar petani dapat mempercepat pembungaan durian hingga tumbuhan tersebut berbuah lebih cepat. Faktor-faktor tersebut sebagai berikut.

Pemilihan varietas

Dalam penanamannya durian tahap awal, yang perlu diperhatikan adalah jenis varetas durian apa yang ingin dibudidayakan. Pilihlah varietas durian yang sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Pemilihan bibit

Setelah varietas durian yang ingin dibudidayakan sudah ditetapkan, selanjutnya adalah pemilihan bibit yang berkualitas. Tidak semua bibit yang dijual pedagang bagus dan bermutu baik. Perlu dilakukan pemilihan bibit durian dengan cermat. Banyak pedagang bibit yang dapat memberikan garansi bila tumbuhan itu tidak berbunga dan berbuah dengan pesat. Selain itu, perhatikan benar-benar tekstur biji. Lebih baik petani memilih bibit durian unggul hasil okulasi atau sambungan. Ini karena biasanya bibit akan tumbuh sekitar 3—6 tahun.

Pemupukan

Dalam penanamannya pemberian pupuk harus dilakukan secara rutin demi pertumbuhan tanaman. Pupuk yang digunakan tidak harus pupuk organik, yang terpenting mutu pupuk itu terjamin kualitasnya. Tujuan pemberian pupuk adalah agar tumbuhan memiliki fase vegetatif yang baik sebelum memasuki fase pembungaan dan pembuahan/generatif.

Dengan pemberian unsur hara yang cukup melalui media tanah dapat memberikan fasilitas media yang baik. Unsur hara ini dapat berupa padat/cair. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah jaminan aman atau tidaknya pupuk tersebut. Perhatikan beberapa bahan yang dicampurkan dalam pupuk tersebut.

Baca Juga:  Memilih Pisang Jangan Sembarangan, Begini Caranya

Pergantian musim

Pergantian musim merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi kelangsungan hidup durian. Jika musim hujan, petani durian perlu meningkatkan pertumbuhan vegetatif agar menuju ke pertumbuhan generatif. Dengan memerhatikan setiap pergantian musim, tumbuhan durian akan berbuah tepat pada musimnya. Namun, dengan adanya pergantian musim, beberapa hama akan menyerang tanaman durian.

Penganggulangan hama

Tanaman durian memiliki beberapa hama/penyakit yang dapat menyerang, tetapi tidak dapat disembuhkan. Beberapa hanya dapat dicegah sebelum penyakit/hama itu menyerang. Petani harus menggunakan pestisida yang tepat pada setiap hama yang menyerang. Jika ada beberapa predator yang dapat digunakan memangsa hama, dapat dipelihara agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman durian.

Gunakanlah perangsang pembuahan pada tanaman durian yang aman dan mutunya bagus. Dengan menggunakan zat perangsang, tanaman durian akan tumbuh lebih cepat. Tujuan penggunaan zat perangsang pembuahan untuk memacu pertumbuhan generatifnya.

loading...
loading...