Lima Fakta Menarik Buah Apel


Pertanianku – Buah merupakan salah satu makanan sehat dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Salah satu buah yang banyak disukai adalah apel.

Lima Fakta Menarik Buah Apel

Buah apel memiliki bentuk bulat dan biasanya berwarna hijau atau merah. Apel memiliki daging berwarna putih dan rasanya manis. Buah ini biasanya tumbuh di dataran tinggi. Apel mudah sekali dijumpai, Anda bisa membelinya di pasar tradisional hingga supermarket. Selain rasanya lezat, ternyata buah apel juga baik untuk kesehatan.

Ingin mengenal lebih dekat buah yang satu ini? Berikut beberapa fakta menarik buah apel.

  1. Memiliki kadar air tinggi

Saat Anda menggigit apel, biasanya akan muncul sedikit busa yang menambah kesegaran buah ini bukan? Hal ini karena apel memiliki kandungan air antara 15—25%. Selain membuat rasanya menjadi lebih segar, nutrisi yang terkandung pada air di dalam apel sangat baik untuk kesehatan. Kadar air yang tinggi juga membuat apel akan melayang ketika dimasukkan ke air.

  1. Terdapat lebih dari 7.000 jenis apel

Mungkin yang sering kita temui hanyalah beberapa jenis apel saja, misalnya apel amerika berwarna merah dan apel malang dengan warnanya hijau muda. Padahal, terdapat 7.000 lebih spesies buah ini. Sekitar 2.500 telah dibudidayakan di Amerika Serikat. Sebanyak 100 jenis apel sekarang sudah dikomersilkan di Amerika Serikat.

  1. Fobia dan alergi apel

Tidak semua orang menyukai apel, beberapa di antaranya ada yang takut dan alergi. Ketakutan pada apel biasanya disebut dengan malusdomesticaphobia.

Alergi pada apel menurut para peneliti disebabkan oleh serbuk sari yang menempel pada buahnya. Para peneliti berkeyakinan bahwa orang tidak akan alergi terhadap kandungan yang terdapat pada apel.

  1. Makanan manusia sejak 6000 tahun lalu
Baca Juga:  Mengulik Efek Samping Mahkota Dewa bagi Kesehatan

Para arkeolog telah melakukan penelitian tentang makanan manusia zaman dahulu termasuk apel. Ternyata apel telah menjadi salah satu makanan manusia sejak 6500 tahun Sebelum Masehi.

  1. Membutuhkan 5 tahun untuk berbuah

Ketika awal menanam buah apel, jangan harap bulan depan atau setahun lagi Anda sudah bisa menikmati buahnya. Pasalnya, untuk dapat berbuah pohon apel membutuhkan waktu sekitar 4—5 tahun setelah masa tanam.

loading...
loading...