Lima Hewan Asal Indonesia Ini Paling Langka di Dunia, Lho!

Pertanianku – Indonesia juga dikenal kaya flora dan fauna. Untuk fauna, dikutip dari laman Wikipedia, Indonesia memiliki 73 hewan yang hanya berada di Indonesia.

lima-hewan-asal-indonesia-ini-paling-langka-di-dunia-lho

Namun, mirisnya hewan endemik Indonesia itu sudah banyak dinyatakan International Union for Consevation of Nature and natural Resources (IUCN) ke dalam status terancam kepunahan.

Hal itu karena perburuan yang berlebihan serta banyak habitat asli yang rusak dan hilang. Meski usaha untuk mencegah kepunahan gencar dilakukan, baik melalui peran serta pemerintah, pelaku konservasi nasional maupun internasional, tetap belum mampu keluar dari garis merah IUCN.

Berikut lima hewan langka asli Indonesia yang ternyata langka di dunia. Berikut penjelasannya.

  1. Harimau

Terdapat dua spesies harimau endemik Indonesia, yakni harimau sumatera dan bali. Namun, harimau bali telah dinyatakan punah sejak 1937. Adapun harimau sumatera saat ini diperkirakan hanya berjumlah 500 ekor.

  1. Orang utan

Terdapat dua jenis orang utan asli Indonesia, yaitu orang utan sumatera dan orang Utan kalimantan. Orang utan sumatera adalah spesies yang terlangka. Orang utan sumatera ini lebih kecil dibanding orang utan kalimantan.

  1. Badak

Terdapat dua jenis badak asli Indonesia yang sangat langka, yaitu badak sumatera (bercula dua) dan badak jawa (bercula satu). Badak bercula dua, diperkirakan populasinya tidak lebih dari 300 ekor. Sementara itu, badak jawa, kendati telah dibuatkan penangkaran di Ujung Kulon, Banten, populasinya terus mengalami penurunan. Data terakhir menyebutkan jumlahnya hanya mencapai puluhan ekor saja.

  1. Monyet hitam sulawesi

Monyet hitam ini biasa disebut yaki atau monyet wolai. Yaki mudah dikenal karena memiliki ciri yang unik dari monyet lainnya, yaitu memiliki rambut jambul dan pantat merah muda seperti bentuk hati. Selain itu, yaki memiliki ciri badan yang besar dengan warna hitam legam dengan bulu yang mengkilat menutupi seluruh tubuhnya, kecuali telapak tangan, wajah, dan pantat.

  1. Anoa

Sekilas lebih mirip kambing dengan ukuran yang besar. Yang membedakan dengan kambing selain ukuran tubuhnya yang besar adalah adanya tanduk runcing yang mencapai 30 cm panjangnya. Anoa termasuk mamalia yang mempunyai kuku genap. Mempunyai habitat asli di wilayah Sulawesi.

loading...
loading...