Lima Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan


Pertanianku – Cabai merupakan salah satu komoditas pangan yang selalu digunakan untuk memasak. Bagi sebagian orang jika tak ada cabai, sebuah makanan tidak akan lengkap. Terlebih, masyarakat Indonesia sebagian besar menyukai makanan yang bercita rasa pedas.

Cabai memiliki berbagai macam varietas, di antaranya cabai merah, cabai rawit, dan cabai hijau. Dari beragam jenis tersebut salah satunya, yaitu cabai hijau. Khasiat cabai hijau cukup baik bagi tubuh, tetapi tidak banyak orang yang mengetahui apa saja manfaat yang ada pada cabai hijau.

Tidak hanya rasanya yang pedas, kandungan dalam cabai hijau seperti vitamin C, vitamin E, serat, serta kandungan zat lainnya mempunyai kemampuan yang baik dalam menjaga tubuh Anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk menambahkan cabai hijau dalam setiap menu masakan yang akan disajikan untuk keluarga. Seperti dikutip dari boldsky, berikut beberapa manfaat cabai rawit untuk kesehatan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain kaya akan anti-oksidan, cabai hijau juga kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C sendiri sangat baik karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang benar.

Melindungi tubuh dari kanker

Di dalam cabai hijau terdapat berbagai macam zat yang sangat berfungsi bagi tubuh. Salah satu dari zat tersebut berfungsi sebagai sumber anti-oksidan. Anti-oksidan merupakan suatu senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Kerusakan radikal bebas sendiri bisanya dapat berujung pada munculnya penyakit kanker yang sangat merugikan bagi tubuh.

Mengurangi tingkat gula dalam darah

Cabai hijau juga memiliki beberapa kandungan alami yang sangat baik bagi tubuh. Salah satunya berperan penting dalam mengurangi kadar gula dalam tubuh. Kadar gula dalam tubuh yang stabil, memungkinkan Anda terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Baca Juga:  Senyawa dalam Bawang Putih Ampuh Memerangi Bakteri

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kebanyakan orang berpendapat bahwa cabai dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh kita. Hal ini justru berlawanan dengan fakta yang ada. Cabai hijau justru mampu memperbaiki sistem pencernaan tubuh karena kandungan serat di dalamnya sangatlah tinggi sehingga mampu membersihkan saluran pencernaan yang terganggu (usus).

Menyehatkan kulit

Tak hanya kaya akan anti-oksidan dan vitamin C saja, cabai hijau juga kaya kandungan vitamin E yang mampu menjaga kesehatan kulit. Vitamin E ini sangat penting bagi tubuh karena memiliki manfaat sebagai sumber produksi minyak alami kulit.

loading...
loading...