Lima Manfaat Sehat Bawang Bombay


Pertanianku – Bawang bombay merupakan salah satu rempah dari keluarga bawang yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Namun, kegunaan bawang bombay tak hanya dapat digunakan sebagai bumbu. Ada banyak kegunaan bawang ini jika kita sering mengonsumsinya.

lima-manfaat-sehat-bawang-bombay

Bawang ini sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan, para leluhur kita pun mengenal manfaat sehat bawang bombay untuk menjaga kesehatan.

Jika Anda tidak menyukai bawang satu ini apabila langsung dikonsumsi mentah-mentah, cari alternatif lain saja, yaitu dengan menjadikannya bumbu pada masakan agar Anda menyukainya. Berikut lima manfaat sehat bombay yang wajib Anda ketahui:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Dari hasil uji laboratirum membuahkan hasil bahwa makan setengah bawang yang memiliki cita rasa sedikit pedas ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, secara otomatis tentu bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan jantung. Agar khasiatnya lebih terasa efektif, Anda bisa rutin mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

  1. Membantu mengontrol gula darah

Selain mampu melancarkan peredaran darah, bawang bombay juga berkhasiat mengontrol gula darah dengan bantuan kromium yang terkandungnya. Kromium adalah mineral penting yang membantu sel-sel untuk merespons kinerja insulin yang mengatur gula darah dalam tubuh agar tetap terkontrol.

  1. Melancarkan peredaran darah

Vitamin C dalam bawang bombay yang didampingi oleh bantuan fitokimia dan nutrien dalam bawang ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk melancarkan peredaran darah dan meredakan inflamasi.

  1. Meningkatkan sistem imun

Tubuh Anda harus tetap fit agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu langkah mudah menjaga kesegaran tubuh adalah dengan bawang satu ini. Di dalamnya terdapat senyawa khusus yang dipercaya berkhasiat meningkatkan sistem imun.

  1. Melancarkan pencernaan

Bawang bombay kaya akan serat yang berfungsi menjaga kesehatan sistem metabolisme tubuh. Dengan begitu, jika Anda hobi mengonsumsi bawang yang berukuran besar ini, penyakit seperti susah BAB atau sembelit akan menjauh dari Anda.

Baca Juga:  Brokoli Bisa Sehatkan Usus Bahkan Cegah Kanker

Demikianlah lima manfaat sehat bawang bombay untuk kesehatan. Jadi, mulailah mengonsumsi bawang ini untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

loading...
loading...