Luar Biasa, Impor Gandum RI Mendekati 10 Juta Ton!

Pertanianku – Pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo berencana pada 2018 mendatang akan berhenti melakukan impor gandum. Namun, menurut Pengamat Pertanian Dwi Andreas Santoso hal itu akan menimbulkan masalah apabila tidak digagas dengan baik.

impor-gandum-ri-tembus-10-000-ton

“Stop impor itu gampang. Itu hanya kebijakan. Itu yang terjadi di tahun ini kan ya, sehingga impor jagung menurun 60%. Itu kan gampang untuk stop impor,” jelas Dwi, seperti dilansir dari Okezone (5/12).

Akan tetapi, Dwi melanjutkan, hal itu menyebabkan impor pangan lain mengalami pelonjakan.

“Tapi yang harus diingat stop impor tersebut bukan karena produksi kita meningkat. Karena kalau kita melihat data yang lainnya impor gandum pada periode yang sama melonjak 2,1 juta ton,” tambahnya.

“Karena jagung distop impornya kan produsen-produsen pakan ternak di Indonesia harus memiliki alternatif lain. Alternatif lainnya ke mana? Ya ke gandum. Gandum itu ada kategori gandum yang disebut sebagai wheat seed, gandum yang memang bisa digunakan untuk pakan ternak. Yang saya khawatirkan tahun 2016 ini impor gandum bisa mendekati 10 juta ton,” ucap Dwi.

Oleh karena itu, jika pemerintah ingin benar-benar berhenti melakukan impor khususnya gandum, perlu memperhatikan kenyataan rill yang terjadi di lapangan. Hal itu agar tidak menimbulkan masalah baru.

loading...
loading...