Manfaat Ajaib Buah Salak yang Tersembunyi

0

Pertanianku – Salak merupakan buah yang berasal dari Indonesia. Buah salak hanya dapat hidup di daerah beriklim tropis. Buah ini termasuk dalam buah musiman. Saat musim panen tiba, salak dapat dengan mudah didapatkan.

Manfaat Ajaib Buah Salak yang Tersembunyi

Salak memiliki rasa yang sangat khas, yaitu rasa manis yang dikombinasikan dengan sedikit rasa sepat, tetapi nikmat. Selain rasanya yang lezat, salak ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita.

Kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya dapat membantu tubuh mengatasi dan menyembuhkan hampir berbagai jenis penyakit, terutama penyakit dalam tubuh.

Disamping buahnya yang kaya akan serat dan manfaat, serat pada buahnya sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Hal ini karena salak dapat membuat perut terasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Serat yang terdapat pada buah salak ternyata paling banyak terdapat pada kulit arinya. Kulit ari ini adalah kulit tipis yang menempel pada daging buahnya. Oleh karena itu, kalau sekiranya Anda ingin mengonsumsi buah salak untuk diet, sebaiknya biarkan kulit tipis tersebut dan langsung dimakan tanpa menghilangkannya.

Seperti yang sudah umum, kandungan yang terdapat di dalam buah wortel memang bagus untuk mata. Namun, salak juga memiliki manfaat yang sama seperti wortel. Manfaat ajaib buah salak salah satunya untuk kesehatan mata. Kandungan zat betakaroten yang cukup tinggi di dalamnya akan sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam salak antara lain adalah karbohidrat, protein, zat besi, kalsium, dan fosfor. Terlebih untuk vitamin yang ada di dalamnya, buah salak mengandung banyak sekali vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh dan baik untuk kesehatan.

Manfaat ajaib buah salak dikenal dapat menjaga kesehatan otak. Senyawa potassium yang terdapat pada buahnya, akan sangat dibutuhkan oleh sistem saraf guna untuk meningkatkan kinerja otak kita. Apabila otak kita dapat bekerja dengan baik, tentunya organ tubuh yang lain juga akan berfungsi dengan baik.

Manfaat ajaib buah salak lainnya juga dapat melancarkan BAB dan mencegah sembelit. Hal inilah yang mungkin berbanding terbalik dengan apa yang dipercayai oleh masyarakat pada umumnya. Ada anggapan bahwa mengonsumsi buah salak justru malah membuat susah untuk BAB. Padahal, kulit ari buah salak mengandung serat yang tinggi. Dengan begitu, malah justru dapat mencegah datangnya sembelit.

Itulah beberapa manfaat ajaib buah salak. Dengan mengetahui manfaatnya yang sangat banyak diperoleh jika rutin mengonsumsinya, pastinya sekarang Anda akan sering mengonsumsi buah ini bukan?

loading...
loading...