Manfaat Ajaib Mengonsumsi Buah Anggur


Pertanianku – Anggur merupakan salah satu buah yang tumbuh secara merambat. Buah ini dikenal memiliki harga yang cukup mahal. Meskipun harganya sedikit mahal, buah ini banyak disukai oleh masyarakat.

manfaat-ajaib-mengonsumsi-buah-anggur

Buah anggur memiliki cita rasa yang unik, yakni manis dan asam. Buah ini pun memiliki banyak manfaat jika sering dikonsumsi. Hal ini tidak lepas dari banyaknya kandungan nutrisi dan fitonutrien yang terdapat di dalam buah anggur.

Di balik warnanya yang eksotis, anggur kaya akan mineral mikronutrien seperti zat tembaga, besi, mangan, dan potasium. Buah yang sering dijadikan bahan utama pembuatan wine ini juga merupakan sumber vitamin C, A, K, karoten, serta vitamin B kompleks seperti pirikoksin, riboflavin, dan tiamin.

Anggur pun diperkaya dengan berbagai anti-oksidan polifenol. Mulai dari antosianin, stilbene (resveratrol, piceatannol, pterostilbene), flavanol (katekin, epikatekin, prosianidin, proantosianidin, viniferon), flavonol (quercetin, kaempferol, myricetin, isorhamnetin), asam fenolik (asam kafeat, asam kumarat, asam ferulat, asam galat), dan karotenoid (beta karoten, zeaxanthin, lutein). Berikut beberapa manfaat ajaib mengonsumsi buah anggur.

  • Menurunkan risiko stroke

Resveratrol merupakan salah satu anti-oksidan yang paling menonjol dari anggur. Resveratrol membantu menurunkan risiko stroke dengan memangkas mekanisme molekular di dalam pembuluh darah.

  • Mengurangi risiko terkena kanker payudara, prostat, dan usus besar

Anggur dilengkapi dengan senyawa anti-oksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi risiko terkena kanker. Katekin, proantosianidin, dan stilbene (terutama resveratrol) sering dijadikan pembahasan dalam penelitian tentang kanker payudara. Resveratrol juga menjadi bahasan utama dalam pencegahan kanker prostat.

Sementara itu, antosianin yang banyak terdapat pada anggur merah dan gelap dikaitkan dengan pencegahan kanker usus besar. Anggur juga mengandung banyak serat dan memiliki kalori rendah yang sangat diperlukan untuk menjaga usus tetap sehat.

  • Anti-oksidan
Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik

Penelitian menunjukkan bahwa anti-oksidan di dalam anggur dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah enzim terkait oksigen menjadi terlalu aktif, mengurangi oksidasi lemak, menurunkan kadar molekul reaktif oksigen di dalam darah, dan menurunkan biomarker tekanan oksidatif.

  • Mengontrol gula darah

Anggur termasuk salah satu buah yang memiliki indeks glikemik rendah, yakni berkisar antara 43—53. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah anggur memiliki manfaat untuk mengontrol gula darah.

Konsumsi ekstrak anggur dikaitkan dengan keseimbangan gula darah dan regulasi insulin yang lebih baik, serta meningkatnya sensitivitas insulin. Diduga kandungan fitonutrien yang kuat dalam anggur memainkan peran penting.

loading...
loading...