Manfaat Ajaib Minyak Ikan


Pertaniaku – Minyak ikan sangat baik dikonsumsi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ikan mengandung omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan. Dan omega-3 inilah yang terkandung dalam minyak ikan.

Manfaat Ajaib Minyak Ikan

Beberapa ikan yang memiliki kandungan omega-3 tinggi dan dapat dibuat menjadi minyak ikan. Ikan-ikan tersebut antara lain sarden, tuna, salmon, tongkol, todak, tuna sirip kuning, dan lainnya.

Kandungan menyehatkan pada minyak ikan sebagai berikut.

  • Docosahexaenoic (DHA)
  • asam eicosapentaenoic (EPA)
  • asam alfa-linolenat
  • asam Gamma-linolenat

Minyak ikan memiliki kandungan zat yang menyehatkan bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat ajaib minyak ikan yang sangat baik untuk kesehatan.

Kesehatan jantung

Minyak ikan telah terbukti dapat mencegah terjadinya pengumpulan trigliserida yang berlebih pada tubuh manusia. Trigliserida dapat menimbulkan efek buruk, salah satunya stroke dan serangan jantung yang mendadak. Selain itu, kandungan omega-3 juga telah terbukti dalam menurunkan LDL dan dapat juga meningkatkan HDL. LDL merupakan lemak jahat yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sedangkan HDL adalah lemak yang baik dalam melancarkan peredaran darah dan fungsi otak.

Mencegah alzheimer

Menurut penelitian yang dilakukan di Louisiana State University memberitahukan bahwa kandungan lemak sangat baik dalam mengobati penyakit alzheimer. Oleh karena itu, minyak ikan adalah sumber lemak esensial termasuk EPA dan DHA yang sangat berguna dalam pengobatan penyakit alzheimer.

Sifat anti-inflamasi

Bagi Anda yang menderita penyakit peradangan, minyak ikan merupakan salah satu obat alami yang dapat menjadi solusi kesehatan Anda. Konsumsilah kapsul minyak ikan yang tersedia di toko terdekat atau supermarket yang memiliki kualitas baik.

Peningkatan imun

Rumah Sakit Umum Veteran Taichung, Taiwan, telah melakukan uji coba minyak ikan pada tikus dan kelinci. Hewan percobaan yang telah diberikan minyak ikan ke dalam genetiknya tidak mudah terindikasi suatu virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. Hal tersebut diyakini minyak ikan mampu mengontrol jumlah dan aktivitas sitokin dan eicosanoid. Selain itu, minyak ikan juga terbukti dalam mengobati penyakit lupus atau autoimun penyakit yang diakibatkan oleh menurunnya kekebalan tubuh dan dapat menyerang jaringan.

Baca Juga:  Brokoli Bisa Sehatkan Usus Bahkan Cegah Kanker

Mengatasi radang sendi

Mengonsumsi suplemen minyak ikan dalam jumlah tertentu dapat mengurangi terjadinya enzim yang dapat merusak tulang rawan. Menurut penelitian yang dilakukan The Royal Adelaide Hospital penggunaan minyak ikan memperlihatkan dampak positif pada pengobatan penyakit arthritis.

Mengatasi gangguan mata

Kandungan omega-3 pada minyak ikan dapat meminimalisir atau mencegah terjadinya penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak. Selain itu, kandungan minyak ikan dapat menjaga mata tetap sehat dari serangan bakteri dan virus.

loading...
loading...