Manfaat Alami Air Kelapa

Pertanianku – Kelapa merupakan salah satu tanaman buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan, semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan. Mulai dari buahnya, daunnya, hingga batangnya pun dapat berguna. Terlebih, air kelapa beserta daging buahnya sangat disukai oleh masyarakat.

Manfaat Alami Air Kelapa

Air kelapa muda merupakan salah satu minuman yang banyak digemari. Selain menyegarkan, ternyata air kelapa juga memiliki manfaat ajaib yang bisa menjaga tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari dehidrasi. Minuman ini sangat nikmat ketika dikonsumsi saat cuaca panas. Bahkan, air kelapa sangat dianjurkan diminum oleh ibu hamil. Ini karena di dalamnya terkandung nutrisi dan keseimbangan elektrolit seperti darah. Berikut beberapa manfaat air kelapa yang wajib Anda ketahui.

  • Mengandung elektrolit alami

Cairan ini banyak mengandung kalsium, kalium, klorida, elektrolit, riboflanin, magnesium, dan sodium. Ibu hamil sangat membutuhkan lebih banyak air dibanding orang pada umumnya. Dehidrasi selama proses kehamilan akan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti pusing, kram, dan edema. Bahkan, dehidrasi mengurangi kontraksi yang dapat mengakibatkan persalinan prematur.

  • Baik bagi pencernaan selama kehamilan

Selama masa kehamilan, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang disebut sebagai progestron, yang mampu memperlambat lambung sehingga kontraksi otot akan melambat. Air kelapa muda dapat membantu meningkatkan proses pencernaan.

  • Sebagai antipenyakit

Kandungan senyawa asam laurat yang ada di dalam air kelapa, dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat yang melimpah di dalam air kelapa dan dengan apa yang terkandung di dalam ASI dan memiliki kesamaan fungsi sebagai antijamur, antivirus, dan anti bakteri. Dengan begitu, air kelapa dapat selalu menjaga kekebalan tubuh pada ibu hamil dan juga bayi yang ada di dalamnya.

loading...
loading...