Manfaat Buah Pepaya yang Tersembunyi


Pertanianku – Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Namun, sebagian orang hanya mengetahui buah pepaya hanya bermanfaat untuk melancarkan BAB. Namun, tahukah Anda manfaat buah pepaya tidak hanya itu?

manfaat-tersembunyi-buah-pepaya

Seperti yang kita ketahui bersama, buah pepaya merupakan tanaman yang banyak tumbuh di sekitar pekarangan rumah. Pepaya tergolong mudah dalam pemeliharaannya. Sebab, tidak memerlukan banyak air untuk bisa tumbuh besar.

Sebenarnya, baik buah, daun maupun batang pepaya memiliki manfaat besar. Satu buah pepaya berukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat (yang terdiri atas 5 gram serat dan 18 gram gula), dan 2 gram protein. Selain itu, buah pepaya juga mengandung vitamin C cukup tinggi, kandungan tersebut mampu memenuhi kebutuhan vitamin sebesar 22—24% sehari dalam tubuh Anda.

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan sering dikaitkan dengan peningkatan sistem imun dan sistem pencernaan tubuh. Bahkan, buah pepaya sering disebut-sebut sebagai buah yang baik untuk mendukung program diet sehat Anda. Berikut beberapa manfaat tersembunyi buah pepaya yang jarang diketahui.

  1. Mampu mencegah penyakit jantung

Salah satu manfaat buah pepaya adalah mampu mencegah penyakit serangan jantung. Munculnya serangan jantung sering dikaitkan dengan adanya kadar natrium tinggi di dalam tubuh kita.

Untuk menurunkan kadar natrium tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah pepaya yang mengandung kalium cukup tinggi. Sebab, kandungan kalium selain melawan natrium, kandungan tersebut juga baik untuk merawat kesehatan jantung Anda secara alami dari dalam.

  1. Anti-inflamasi

Nyeri akibat peradangan dapat muncul kapan saja. Terlebih jika Anda mengalami rematik, osteoporosis, edema, dan sejenisnya, peradangan tersebut akan mudah sekali menyerang.

Untuk mengurangi peradangan tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah pepaya secara rutin. Kandungan enzim yang ada dalam buah satu ini dipercaya mampu meredakan adanya peradangan tersebut seperti peradangan yang menyebabkan nyeri dan linu.

  1. Memperkuat sistem imun
Baca Juga:  Ternyata Air Mineral Kemasan Juga Punya Masa Kedaluwarsa!

Sistem imun merupakan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam serangan penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun, Anda dapat mengonsumsi buah pepaya secara rutin.

Menurut pendapat para ahli, kandungan vitamin C, vitamin A, dan betakaroten dalam buah pepaya berkhasiat meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda. Terutama, meningkatkan sistem imun dari serangan penyakit pilek, demam, flu, batuk, dan sejenisnya.

  1. Menyehatkan dan menguatkan tulang

Manfaat buah pepaya bagi tulang juga tidak bisa kita anggap remeh. Sebab, buah satu ini mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan vitamin K tersebut sering dikaitkan dengan khasiat buah pepaya terhadap kekuatan tulang dari berbagai benturan. Selain kandungan vitamin K tersebut, khasiat buah pepaya bagi tulang juga dapat berasal dari kandungan kalsiumnya yang tinggi. Kandungan kalsium dalam buah pepaya bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan menjaganya agar tetap sehat secara alami.

  1. Baik untuk penderita penyakit diabetes

Banyak sekali masyarakat yang berpikir rasa manis dari buah pepaya dapat menyebabkan peningkatan gula darah secara maksimal, padahal justru sebaliknya. Meskipun buah pepaya manis, buah satu ini tidak menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

Malahan, kandungan serat terlarut dalam buah satu ini dipercaya mampu menurunkan dan mengontrol kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, buah pepaya sangatlah baik apabila dikonsumsi penderita diabetes, baik itu diabetes tipe 1 maupun tipe 2 sekalipun.

loading...
loading...