Manfaat Daun Salam Berantas Kolesterol

Pertanianku – Di Indonesia daun salam sering sekali menggunakan daun rempah ini untuk pengharum masakan mereka. Ini karena memang masakan akan sangat lezat dengan daun salam. Namun, tahukah Anda bahwa daun salam tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa pada masakan. Daun salam memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan, terutama dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia, yaitu kolesterol jahat dan koleterol baik. Namun, umumnya masyarakat Indonesia kalau mendengar kata kolesterol konotasinya selalu kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini akan berdampak buruk bagi tubuh, apalagi jika jumlahnya berlebihan. Daun salam bisa menjadi obat untuk mengatasi kelebihan kolesterol jahat tersebut.

Guna memperoleh manfaat daun salam untuk mengatasi kolesterol jahat, yang perlu dilakukan adalah meraciknya sebagai air minum. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

  • Daun salam 7 lembar.
  • Air matang 600 cc atau sekitar 3 gelas.
  • Daun cermai sekitar 30 gram.

Cara membuat:

  1. Cuci bersih dedaunan herbal tersebut pada air yang mengalir, untuk membuang kotoran-kotoran yang masih menempel.
  2. Rebus daun salam dan cermai ke dalam panci yang sudah diisi dengan 600 cc air bersih.
  3. Biarkan mendidih hingga air tersisa setengahnya.

Minum air tersebut selagi hangat 2 kali sehari, yaitu pagi sebelum beraktivitas dan sore setelah beraktivitas. Biasanya, dalam sekali pembuatan minuman tadi, akan menghasilkan 2 gelas dengan ukuran standar. Jadi, apabila ketika minum di pagi hari masih menyisakan segelas lagi, lebih baik simpan di dalam kulkas, lalu dihangatkan ketika sore menjelang.

Perlu Anda ketahui, jangan pernah menganggap remeh gejala kolesterol tinggi. Oleh karena itu, selalu jaga pola makan kita dan berhati-hati memilih makanan serta rajinlah berolahraga.

loading...
loading...