Mau Sehat? Ya Konsumsi Kacang Panjang


Pertanianku – Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuan yang berasal dari keluarga kacang-kacangan. Sayuran ini banyak tumbuh di Indonesia karena merupakan menu wajib bagi masyarakat Indonesia. Terlebih, harganya sangat terjangkau. Inilah yang membuat masyarakat sering mengonsumsinya.

Mau Sehat? Ya Konsumsi Kacang Panjang

Tak banyak masyarakat yang mengetahui manfaat kacang panjang. Banyak peneliti yang telah menguji manfaat apa saja yang terdapat di dalam sayuran satu ini. Kacang panjang memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan dan pemasok nutrisi tubuh.

Sayuran ini mempunyai kandungan zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin B, klorofil, dan betakaroten. Selain itu, sayuran ini juga bisa mengobati beberapa penyakit. Sama halnya dengan beberapa jenis kacang lainnya seperti kacang almond, kacang hijau, kacang tanah, dan kacang kedelai. Apa saja manfaat yang dimiliki oleh kacang panjang? Berikut penjelasannya.

Meluruhkan air kencing

Manfaat pertama kacang panjang adalah mampu meluruhkan air kencing tingkat sedang. Cara pemakaiannya adalah ambil beberapa kacang panjang, kemudian cuci bersih sayuran tersebut. Setelah itu, potong kacang panjang menjadi 3 bagian dan kemudian direbus dalam air bersih. Setelah direbus dengan 2 gelas air bersih, ambil sari kacang panjang dan minum 2 kali sehari.

Mengobati sakit pinggang

Bagi Anda yang memiliki masalah sakit pada pinggang, dapat mengonsumsi sayuran ini secara rutin untuk mengurangi keluhan sakit pinggang. Namun, untuk mengobatinya sayuran ini tidak dimakan bersama nasi, tetapi diolah menjadi ramuan. Cara pengolahannya sangat mudah hanya dibutuhkan beberapa helai kacang panjang, tambahkan 1 buah jahe, dan 1 buah kencur.

Rebus bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air bersih dan tunggu hingga campuran kacang panjang dengan jahe dan kencur mendidih. Setelah air menddih, saring ramuan herbal tersebut kemudian diminum selagi hangat.

Baca Juga:  Makan Tomat Bisa Kurangi Kolesterol Jahat? Begini Kata Peneliti

Meningkatkan stamina

Manfaat selanjutnya untuk meningkatkan stamina. Terlebih bagi Anda yang memiliki kegiatan atau rutinitas yang sangat padat, bisa membuan ramuan herbal dari sayuran satu ini agar stamina dan kesehatan tubuh terjaga. Cara pengolahannya, rebus beberapa helai kacang panjang dan kencur yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Setelah itu, rebus dengan air bersih dan tunggu hingga air mendidih.

Saringlah campuran kacang panjang dengan kencur tersebut dan minumlah saat Anda merasakan lelah setelah beraktivitas. Apabila menyukai rasa manis, Anda bisa menambahkan madu ke dalam ramuan tersebut.

Tekanan darah rendah

Jika sering merasakan letih, lemas dan lesu karena kekurangan darah atau darah rendah, Anda bisa menggunakannya sebagai obat. Sayuran ini mampu mengobati tekanan darah rendah.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda dapat mengolah kacang panjang dengan campuran beberapa buah anggur dan hati ayam kampung. Anda bisa memasaknya dengan cara menumisnya secara sederhana. Dengan mengonsumsinya secara teratur bisa menormalkan kembali tekanan darah Anda. Terlebih lagi dapat mengobati batu ginjal, memaksimalkan fungsi limpa, dan mencegah penyakit rematik.

Dengan kandungan zat gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin B dan zat betakaroten mampu membantu tubuh Anda dalam mengelola kelancaran metabolisme tubuh.

loading...
loading...