Melihat Kandungan Nutrisi Penting pada Buah Naga


Pertanianku – Buah naga merupakan buah eksotik yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Rasa buahnya pun sangat disukai masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki beberapa warna pada daging buahnya seperti kuning, putih, dan merah. Untuk mendapatkan buah ini, tergolong cukup mudah karena saat ini sudah banyak tersedia di toko buah dan supermarket.

melihat-kandungan-nutrisi-penting-pada-buah-naga

Jika dulu harganya cukup mahal, saat ini harga buah satu ini cukup terjangkau karena telah banyak dibudidayakan. Buah naga ada dalam berbagai jenis dengan perbedaan warna kulit dan daging seperti dari kulit kuning dan merah muda dengan daging berwarna putih dan merah.

Berikut beberapa kandungan nutrisi penting yang terdapat dalam buah naga.

Kandungan vitamin

Buah naga merupakan sumber vitamin C tinggi, yaitu hingga 10 sampai 12 persen dari total kebutuhan harian yang direkomendasikan. Vitamin C dalam buah ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, serta untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung vitamin B1, B2, dan B3, dimana merupakan vitamin esensial yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin B1 berguna menghasilkan energi dan memetabolisme karbohidrat, sedangkan vitamin B2 bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Vitamin B3 dalam buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah dan meningkatkan kesehatan kulit.

Mengandung anti-oksidan

Makan buah ini juga bisa dikatakan akan meningkatkan asupan anti-oksidan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal medis edisi Jerman pada September—Oktober 2007 “Zeitschrift fur Naturforschung” meneliti zat yang memberikan warna ungu pada buah naga dan menemukan kandungan senyawa anti-oksidan seperti betalains, fenolat, asam galat, dan betacyanin. Zat tersebut merupakan anti-oksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit dan organ tubuh akibat radikal bebas. Buah ini juga dapat membantu untuk menangkal berbagai macam penyakit.

Baca Juga:  Daun Gatal Papua Bisa Hilangkan Rasa Lelah

Kandungan lemak dan Kalori

Satu porsi buah naga (100 g) mengandung sekitar 10 kalori, meskipun jenis tertentu bisa terdapat pada antara 150—600 g. Biji buah yang berwarna hitam dan kecil-kecil ini meskipun ikut dimakan, tidak akan dicerna. Setiap porsi buah naga memberikan 0,9 g serat, tetapi kita masih perlu untuk menambah kebutuhan serat lebih dari itu untuk memenuhi kebutuhan harian. Tubuh memerlukan serat dalam makanan hingga 25—38 g per hari. Buah satu ini juga menyediakan protein, yaitu sebesar 0,09 g, tetapi itu jumlah yang sangat sedikit dari total kebutuhan setiap hari. Satu porsi buah naga juga mengandung sekitar 0,6 g lemak.

Kandungan mineral

Dalam satu porsi buah naga mengandung 8,8% kalsium yang dibutuhkan setiap hari sehingga mengonsumsi buah ini menjadi salah satu pilihan yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Buah naga juga mengandung zat besi, yaitu sekitar 3,6% dari jumlah zat besi yang dibutuhkan wanita setiap hari dan untuk pria adalah 8,1% dari total kebutuhan harian. Dalam satu buah naga menyediakan riboflavin, niasin, dan fosfor dalam jumlah yang lebih kecil.

loading...
loading...