Melihat Potensi Bisnis Budidaya Ikan Bandeng


Pertanianku – Ikan bandeng adalah salah satu ikan yang cukup populer di Indonesia. Bahkan, ikan ini memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Di pasaran, ikan bandeng cukup diminati masyarakat. Hal ini karena selain memiliki rasa yang khas, ikan bandeng mengandung banyak manfaat yang luar biasa jika sering dikonsumsi. Dengan demikian ikan ini cukup berpotensi sehingga bisa dijadikan salah satu bidang usaha yang cukup menjanjikan.

Melihat Potensi Bisnis Budidaya Ikan Bandeng

Tidak heran jika banyak masyarakat yang menggeluti budidaya ikan bandeng. Selain permintaan dalam negeri tinggi, permintaan ikan bandeng dari luar negeri dalam bentuk ikan segar ataupun olahan cukup banyak.

Olahan dari ikan bandeng sendiri sudah banyak. Salah satu yang mungkin sering Anda dengar adalah bandeng presto khas Kota semarang. Selain itu, masih banyak lagi hasil olahan dari ikan bandeng. Oleh karena itu, peluang akan budidaya ikan bandeng masih terbuka lebar bagi Anda yang tertarik menekuninya. Namun, sebelum membudidayakannya terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda ketahui lebih dulu. Apa saja persyaratannya? Berikut penjelasannya.

Peluang serta cara budidaya ikan bandeng

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk memulai budidaya ikan bandeng adalah Anda perlu menyiapkan kolam untuk tempat budidaya. Setelah kolam dipersiapkan, proses selanjutnya pada budidaya ikan bandeng adalah mencari dan menyeleksi indukan ikan bandeng yang berkualitas.

Indukan ini nantinya digunakan untuk mendapatkan bibit ikan bandeng. Untuk mendapatkan bibit ikan bandeng yang berkualitas, Anda dapat membelinya. Pasalnya, telah banyak peternak yang khusus berfokus dalam pembenihan ikan bandeng. Setelah bibitnya didapatkan, sekarang waktunya untuk melakukan proses pembesaran ikan bandeng.

Untuk melakukan proses pembesaran ikan bandeng, sebenarnya sama dengan proses pembesaran ikan lain, seperti memberikan pakan secara rutin. Mencari pakan untuk ikan bandeng ini pun tidaklah sulit karena pakan yang digunakan biasanya pelet yang bisa didapatkan di toko pakan ikan. Selain pakan pelet, bandeng juga suka memakan plankton serta lumut yang ada dalam kolam. Oleh karena itu, lakukan perawatan pada kolam untuk menghasilkan plankton sebagai pakan alami ikan bandeng.

Baca Juga:  Mendag Kritik Masyarakat Indonesia yang Konsumsi Ikan Olahan Impor
loading...
loading...