Melihat Potensi Pasar Ayam Buras


Pertanianku – Potensi pasar daging ayam dapat dilihat dari laju pertambahan jumlah penduduk. Meningkatnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun menyebabkan meningkatnya tuntutan ketersediaan bahan pangan, baik hewani maupun hayati. Selain itu, daya serap pasar daging ayam juga dapat dilihat dari preferensi masyarakat, hari-hari besar keagamaan, dan bermacam-macam pesta rakyat. Meningkatnya pendidikan dan pendapatan masyarakat juga akan mempengaruhi peningkatan konsumsi daging.

Melihat Potensi Pasar Ayam Buras

  1. Alasan konsumen memilih daging ayam buras

Untuk meningkatkan dan memenuhi kebutuhan protein hewanimaka peran ayam buras sebagai salah satu ternak penghasil daging  sudah tidak diragukan lagi. Selain mudah diperoleh di pasaran, daging ayam buras juga dapat mensubstitusi daging sapi, domba, atau kambing yang harganya lebih mahal dan kurang terjangkau oleh lapisanmasyarakat bawah. Dari segi preferensi, produk ayam buras sangat sesuai  dengan selera rakyat Indonesia sehingga memiliki pasar tersendiri yang berbeda dengan produk ayam negeri (ras). Tekstur daging yang padat (tidak lembek) ditambah kelezatan daging yang sudah sangat dikenal konsumen menyebabkan jumlah permintaan daging selalu meningkat. Beberapa alasan tersebut menyebabkan produk ayam buras memiliki potensi pasar yang baik.

  1. Bentuk daging yang dijual

Dalam memenuhi permintaan pasar, ayam buras ditawarkan dalamberbagai bentuk, baik dalam kondisi mentah maupun olahan. Dalam  kondisi mentah, umumnya ayam sudah dipotong dan sudah dibersihkan bulu-bulunya. Bagian dalamnya (jeroan) juga telah dipisahkan. Namun, ada juga daging yang dijual telah dipotong-potong menjadi bagianbagian kecil yang terdiri atas bagian paha, kaki, dada, sayap, dan leher sampai kepala lalu dikemas menjadi bagian-bagian yang sama. Dengan cara penawaran seperti itu, konsumen menjadi mudah dalam menentukan pilihannya. Dalam bentuk olahan, umumnya dipasarkan dalam berbagai jenis masakan sehingga dapat langsung dinikmati konsumen. Prospek pemasaran daging ayam buras tidak terbatas di dalamnegeri saja, tetapi diekspor ke mancanegara. Hal ini merupakan suatu  harapan yang baik untuk dikembangkan.

Baca Juga:  Mendadak! Walikota Semarang Datangi Pabrik Pengolahan Pangan Ternak

 

Sumber: Buku Ayam Buras Pedaging

loading...
loading...