Melihat Potensi Pasar Pupuk Kompos

0

Pertanianku – Di negara-negara maju, produk kompos mempunyai prospek ekonomi yang menjanjikan sehingga banyak tumbuh kembang industri kompos. Perkembangan ini tidak terlepas dari regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat ataupun daerah sebagai kebijakan upaya penanganan sampah secara umum dan konservasi lingkungan. Dengan begitu, produk kompos yang dihasilkan pun relatif bagus dan memenuhi persyaratan komersial.

Melihat Potensi Pasar Pupuk Kompos

Lain halnya dengan Indonesia, pengusahaan kompos sifatnya masih sporadis dan cenderung sebagai usaha swakelola masyarakat. Selain digunakan sendiri dan sebagai usaha sampingan, belum ada yang berkembang sebagai unit khusus industri kompos. Dengan demikian, tak mengherankan jika kualitas produk kompos yang ada di pasaran masih sangat bervariasi. Potensi pasar kompos di Indonesia sebenarnya sangat besar bila sistem secara nasional sudah terbentuk dan kecenderungan ini ada sesuai dengan peruntukannya. Gambaran pasar kompos dan peruntukannya dapat dilihat pada Tabel 8.

Ada kecenderungan bahwa penggunaan kompos tidak saja di sektor pertanian, penggunaan merambah fungsi sebagai biofilter limbah industri. Biofilter ini didesain khusus untuk menghilangkan udara yang bau atau pun mengandung bahan kimia organik senyawa toksik. Mikrobia yang terkandung di dalam kompos, dimungkinkan untuk menggunakan komponen polutan tersebut sebagai sumber makanan, dengan mengurainya. Biofilter dalam ukuran besar dibangun seperti kolam di bawah tanah, dengan pipa udara dialirkan pada lapisan kerikil yang ditutup dengan timbunan kompos.

 

Sumber: Buku Cara Cepat Buat Kompos Dari Limbah

loading...
loading...