Melirik Prospek Ternak Ayam Hias di Indonesia

Pertanianku – Berawal dari hobi membuat pria bernama Arsyad Matondang asal Palembang menggeluti usaha ternak ayam hias. Usaha ayam hias yang ditekuninya itu ternyata mengantarkannya pada kesuksesan.

Setiap harinya, peternakan sederhana milik Arsyad yang berlokasi di halaman rumahnya sendiri kerap didatangi warga Palembang. Dengan memanfaatkan luas lahan tersisa 15 meter persegi, Arsyad mengoleksi sejumlah ayam hias asal mancanegara seperti ayam Polandia, ayam kalkun, ayam onadagori Jepang, dan beberapa unggas lokal Indonesia.

“Sebenarnya konsep dari lahirnya peternakan unggas ini adalah memanfaatkan pekarangan rumah di wilayah perkotaan yang sempit untuk menghasilkan seperti beternak ayam. Saya tidak mengambil hasil dari telur tapi lebih pembiakan,” ungkap Arsyad.

Menurut Arsyad, prospek usaha ayam hias ini cukup bagus. Apalagi kalangan pencinta ayam hias semakin bertambah banyak, mulai dari sekadar hobi memelihara, hingga usaha ternak dan pembibitan ayam hias mulai bermunculan.

“Usaha ini juga semakin berpeluang sebab pelakunya masih sedikit,” papar Arsyad.

Kunci keberhasilan dari usaha ayam hias ini, kata Arsyad, selain terus menjaga kualitas, pelaku usaha juga harus rajin menjaga kebersihan kandang. Kandang ayam hias milik Arsyad sendiri dibuat tiga tingkat agar efisien untuk menghilangkan bau karena faktor makanan unggas.

“Untuk menjaga kebersihan kandang, saya selalu rajin membersihkannya setiap hari, dan menebarkan limbah kopra kelapa yang sudah tak terpakai, sebab limbah ini bisa mengikat air dan menghilangkan bau,” tambah Arsyad.

Dari pengalaman Arsyad, cara promosi dan pemasaran yang paling efektif, yakni melalui internet karena mudah, tanpa biaya, dan jangkauan pasarnya sangat luas. Jadi, tak heran jika Arsyad bisa memasarkan ayam-ayam hiasnya hingga ke seluruh nusantara.

Menyoal harga jualnya sendiri, ayam hias Arsyad ini dibanderol mulai dari harga Rp300 ribu hingga jutaan rupiah. Ia mengaku, omzet yang dikantongi per bulannya pun minimal Rp5 juta.

Setelah melihat keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha ini cukup besar, tertarikkah Anda untuk menggeluti usaha seperti yang dijalankan Arsyad?

loading...
loading...