Memberikan Makanan Manusia pada Kucing Berbahaya! Mitos atau Fakta?


Pertanianku – Kucing termasuk hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Bisa dikatakan kucing adalah salah satu hewan peliharaan primadona di seluruh dunia. Pasalnya, kini memelihara kucing merupakan suatu hobi baru yang sedang tren. Banyak masyarakat saat ini berlomba-lomba untuk memelihara hewan yang sangat menggemaskan satu ini.

Bagaimana tidak, pasti Anda akan mudah jatuh cinta hanya dengan melihat hewan yang lucu ini. Ditambah tingkah kucing yang sangat manja membuat sang pemilik betah berlama-lama dengannya.

Jika Anda memutuskan untuk memelihara kucing di rumah, perawatannya tidak boleh Anda lakukan dengan sembarangan. Sebenarnya, cara merawat kucing tidaklah sulit. Yang terpenting adalah Anda tidak boleh memberikan makanan untuk kucing secara sembarangan. Kucing yang mengonsumsi makanan sembarangan akan berdampak pada kesehatan tubuhnya. Terlebih, Anda jangan coba-coba memberikan makanan masuaia padanya.

Selain memerhatikan segala kesukaannya, ada pula pantangan dan juga larangan yang butuh diperhatikan dalam merawat binatang-binatang piaraan tersebut. Berikut ini beberapa asupan makanan pun minuman yang sejatinya banyak dinikmati manusia, tetapi justru berbahaya dan tidak disarankan untuk diberikan kepada kucing peliharaan Anda. Berikut penjelasannya.

Daging mentah dan ikan

Barangkali pola pikir kita masih kental dengan anggapan bahwa kucing pastinya akan baik apabila diberikan asupan makanan daging dan ikan sehingga kita pun tak akan enggan memberinya daging dan ikan tanpa harus diproses terlebih dahulu. Meskipun kucing akan sangat menyukainya, makanan ini ternyata tak baik baginya. Alasannya, selain bisa menyebabkan muntah dan diare, ternyata makanan ini juga mampu mengakibatkan munculnya bakteri salmonella dan E. coli.

Cokelat

Tak sedikit manusia yang gemar terhadap cokelat dan berbagi dengan binatang kesayangannya, kucing. Hal ini tidak benar karena ternyata kandungan theobromine yang terdapat dalam cokelat bisa mengakibatkan penyakit yang berhubungan dengan jantung dan juga menyebabkan kejang pada kucing.

Susu

Mungkin kita kerap melihat seekor kucing yang nyolong meminum susu yang kita konsumsi. Serupa dengan asupan daging mentah, perlu diketahui bahwa meskipun mereka menyukainya, laktosa atau susu yang biasa dikonsumsi manusia tidak baik bagi kucing. Pasalnya, selain tubuh mereka tidak akan bisa dengan mudah mencerna produk susu, ada pula penyakit lain yang akan muncul. Sebagai contoh, diare dan juga muntah-muntah.

Bawang merah dan bawang putih

Bawang putih pun bawang merah, keduanya memiliki kandungan kimia yang bisa merusak sel darah merah pada kucing dan sekaligus menyebabkannya anemia. Gejala awal yang akan bisa dilihat di antaranya muntah-muntah, urine berwarna kemerahan, lesu, dan anemia.  Oleh karena itu, hindari memberikan asupan makanan yang berbahan bawang kepada kucing kesayangan.

Alpukat

Alpukat memang merupakan buah yang nikmat. Namun, hal itu tak berlaku bagi kucing kesayangan Anda. Pasalnya, segala hal yang berhubungan dengan alpukat, baik pohon, buah maupun kulitnya memiliki kecenderungan menebarkan racun bagi kucing. Hal ini diperkuat dengan pemaparan bahwa alpukat ternyata memiliki kandungan persin yang memiliki kemampuan merusak otot jantung binatang, termasuk di dalamnya adalah kucing.

Seperti binatang lainnya, secara umum kucing juga rentan terhadap bahaya keracunan. Dan sayangnya beberapa kasus keracunan yang terjadi adalah akibat dari diberikannya makanan manusia yang memiliki kadar berbahaya. Berkaitan dengan hal tersebut, secara umum tak bisa pula menyamaratakan antara makanan manusia dan makanan kucing kesayangan kita, kecuali memang tak ada pantangan pun larangannya. Dan yang tak kalah pentingnya, anak-anak juga harus diajarkan untuk jangan sembarangan memberikan makanan kepada kucingnya.

loading...
loading...