Membuat Kandang Hamster yang Menarik


Pertanianku – Hamster merupakan salah satu binatang peliharaan yang berukuran mini dan sangat menggemaskan. Itu sebabnya hewan mungil ini memiliki banyak penggemar, mulai anak kecil hingga dewasa.

membuat-kandang-hamster-yang-menarik

Sebenarnya, hamster adalah hewan yang biasa hidup di alam bebas. Oleh karena itu, jika berminat memelihara hamster, Anda harus menyediakan kandang sesuai dengan habitat aslinya. Namun, jika hal tersebut sulit, kandang dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Berikut kriteria kandang yang cocok untuk hamster.

Ukuran kandang

Kandang hamster harus berukuran sekitar 30 × 30 × 30 cm. Namun, jika kandang yang Anda buat lebih besar, akan semakin baik. Hal ini agar hamster bisa dengan bebas beraktivitas dan tidak merasa seperti terkurung.

Kandang harus tertutup

Kandang hamster yang baik haruslah tertutup sehingga hamster tidak kabur dari kandang. Begitu juga binatang pemangsa seperti kucing, tikus, anjing dan lainnya tidak dapat masuk ke kandang dan mengancam keselamatan nyawa hamster.

Kandang hamster memang lebih baik tertutup. Namun, bukan berarti tertutup seluruhnya. Berikanlah lubang ventilasi agar hamster tetap bisa bernapas. Lubang ventilasi ini juga membuat kandang tidak bau.

Alas kandang

Alas kandang untuk hamster sangat penting demi kenyamanan hamster. Habitat asli hamster, yaitu di gurun. Sementara itu, suhu udara di daerah kita kurang begitu baik diterima oleh tubuh hamster. Oleh karena itu, untuk memberikan rasa hangat pada tubuh hamster, kandang harus diberikan alas berupa serbuk kayu.

Pilihlah serbuk kayu bahan kertas atau bisa juga memilih serbuk kayu dengan aroma-aroma. Kedua jenis serbuk kayu ini paling sehat dan sangat baik untuk tempat tinggal hamster. Jika serbuk kayu yang dipilih dari pohon pinus, kemungkinan fenol yang terkandung di serbuk kayu akan terhirup atau juga termakan hamster yang menyebabkan kerusakan pada sistem respirasi, kulit, dan hati hamster.

Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta

Aksesoris kandang

Kandang hamster jangan sampai kosong tanpa aksesoris. Kita juga tentu akan merasa jenuh jika rumah yang kita tempati kosong. Begitu juga dengan hamster. Untuk itu, isilah kandang dengan beberapa aksesoris yang membuat hamster merasa nyaman berada di kandang.

Kandang harus bersih

Usahakan kandang hamster selalu dalam keadaan bersih. Ketika membersihkan kandang, keluarkan semua aksesoris yang berada di kandang. Bersihkan semuanya dengan menggunakan air dan sabun, terutama tempat makan dan minum hamster agar tidak bau. Bersihkan juga bekas makanan hamster dan juga kotorannya, agar hamster tetap sehat.

Setelah dibersihkan, semua aksesoris tersebut dikeringkan sebelum dimasukan kembali ke dalam kandang. Serbuk kayu diganti minimal 2 minggu sekali. Hal ini agar hamster tidak terjangkit oleh penyakit.

Sediakan tempat minum khusus

Agar kandang tidak becek, lebih baik memilih tempat minum khusus yang banyak dijual di pasaran. Tempat minum ini seperti dot. Gunanya tempat minum khusus ini adalah menjaga air agar tidak tumpah. Dan juga agar tidak mengenai hamster itu sendiri. Ini karena hamster memang tidak boleh terkena air.

loading...
loading...