Menakjubkan! Inilah Kandungan Gizi Buah Kedondong

Pertanianku – Kedondong merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Buah ini termasuk dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Lain halnya di luar negeri, kedondong adalah buah eksotik yang cukup banyak penggemarnya dan termasuk buah impor yang harganya cukup mahal.

menakjubkan-inilah-kandungan-gizi-buah-kedondong

Buah ini banyak digunakan untuk rujak, sayur, serta dibuat acar (sambal kedondong). Daun mudanya yang dikukus dapat dijadikan pakan ternak. Dalam tiap 100 gram buah mengandung 60—85 gram air, 0,5—0,8 gram protein, 0,3—1,8 gram lemak, 8—10,5 gram sukrosa, 0,85—3,60 gram serat. Daging buahnya merupakan sumber vitamin C dan besi. Buah yang belum matang mengandung pektin sekitar 10%.

Kandungan gizi buah kedondong

  • Kandungan zat gizi yang utama dalam buah kedondong adalah unsur gula dalam bentuk sukrosa yang penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh.
  • Kandungan serat dan air pada kedondong cukup tinggi bermanfaat dalam melancarkan buang air besaar (BAB) serta mencegah dehidrasi.
  • Daun buah kedondong juga dapat digunakan sebagai bahan sayuran. Di beberapa daerah, daun kedondong muda dapat dikukus atau direbus dan digunakan sebagai lalapan dicampur dengan sambal. Rasanya enak dan lezat, apalagi jika dikonsumsi bersama nasi yang masih hangat.
  • Bagian daun dan kulit batang dari pohon kedondong bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan. Daun dan kulit pohon ini banyak mengandung flavanoida, saponin, dan tannin. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit disentri dan mengobati penyakit batuk.
  • Buah kedondong juga dapat membantu mengatasi diare. Caranya, gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. Kemudian, potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Tunggu hingga dingin, lalu saring. Air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.
loading...
loading...