Menakjubkan, Inilah Manfaat Cumi-cumi


Pertanianku – Cumi-cumi merupakan salah satu hewan laut dari keluarga Loliginidae, kelas Cephalopoda. Dalam bahasa Latin, cumi-cumi dikenal dengan sebutan Loligo spp. Cumi-cumi adalah salah satu jenis hewan laut yang banyak diminati masyarakat, terutama penggemar seafood dan chinese food.

Menakjubkan, Inilah Manfaat Cumi-cumi

Cumi-cumi dapat diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera seperti cumi-cumi bakar, cumi-cumi goreng, cumi-cumi saus tiram, dan masih banyak lainnya. Tahukah Anda bahwa ternyata cumi-cumi tidak hanya enak dikonsumsi? Ternyata, cumi-cumi memiliki segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Mengatasi tumor

Tahukah Anda bahwa tinta cumi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tumor. Caranya, tinta tersebut harus diinjeksikan kepada penderita tumor. Namun, hal ini masih dikaji lebih dalam oleh para pakar mengenai keabsahannya dan dosis yang dibutuhkan untuk mendukung tinta tersebut memerangi tumor.

Seorang peneliti bernama Hiroki dari Jepang melakukan uji coba, menyuntikkan tinta cumi-cumi kepada 15 ekor tikus yang terserang tumor. Hasilnya dari 15 ekor tikus yang diinjeksikan, 3 di antaranya mati dan 12 tikus lainnya tetap hidup. Hal ini menunjukkan bahwa bahaya kematian dari tumor ganas dapat direduksi. Di awali dengan uji coba tersebut dilakukanlah penelitian lebih dalam dan ditemukan bahwa tinta cumi-cumi memiliki kandungan mineral vitamin A yang dapat berpengaruh terhadap penyakit tumor. Artinya, penyakit kematian yang disebabkan oleh tumor ganas dapat diatasi.

Pembentukan sel darah merah

Cumi-cumi sangat kaya kandungan mineral dan gizinya. Kandungan yang ada di dalam cumi-cumi di antaranya, protein, vitamin, dan omega-3 yang menjadi ciri khas dari kandungan hewan laut. Tahukah Anda bahwa ada sebuah informasi terbaru dalam kandungan unsur tembaga di dalam tubuh cumi-cumi yang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah?

Baca Juga:  KKP Genjot Program Gemarikan dengan Bazar

Sel darah merah sangat baik bagi tubuh manusia. Kandungan haemoglobin (Hb) di dalam sel darah merah memiliki peran sangat penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh organ tubuh. Hal ini sangat penting untuk mencegah penyakit jantung koroner hingga stroke.

Memperkuat tulang

Untuk 100 gram cumi-cumi mengandung setidaknya 270 mg dan 2,7 mg zat besi. Kandungan inilah yang dapat memenuhi kebutuhan gizi hari Anda sebesar 17% fosfor, 8% seng, dan 10% magnesium dari total seluruh kebutuhan harian Anda. Kandungan tersebut sangat baik sekali untuk kebutuhan tulang dalam memperkuat susunan sel-sel tulang yang kurang padat dengan memicu pembentukan sel-sel baru pengganti sel tua pada tulang.

Mengoptimalkan sel darah putih

Setiap hewan biasanya memiliki cara melindungi diri dari serangan musuh dan untuk bertahan hidup. Begitu juga cumi-cumi yang dapat melindungi diri dari serangan musuh dengan mengeluarkan tinta dari tubuhnya.

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa ada kandungan zat khusus di dalam tinta tersebut yang menjadikan cumi-cumi istimewa. Setelah diuji, tinta cumi-cumi turut mengaktifkan sel darah putih yang sangat baik untuk membasmi kuman-kuman atau bibit penyakit di dalam tubuh manusia. Namun, untuk mengonsuminya tetap harus dengan batas wajar untuk mendapatkan hasil optimal. Tidak disarankan mengonsumsi cumi-cumi dalam jumlah yang banyak. Itulah beberapa manfaat cumi-cumi yang wajib Anda ketahui.

loading...
loading...