Menakjubkan! Inilah Manfaat Melon

0

Pertanianku – Melon merupakan salah satu buah berbentuk bulat dengan kulit dan daging buah bewarna kuning pucat. Buah ini mengandung air yang melimpah pada daging buahnya, mirip semangka. Melon sangat cocok dikonsumsi pada waktu siang hari dengan kondisi cuaca yang cukup panas. Terlebih, buah ini sangat mudah didapatkan dengan harga cukup terjangkau. Namun, tahukah Anda jika melon memiliki manfaat yang menakjubkan.

Menakjubkan! Inilah Manfaat Melon

Manfaat melon untuk kesehatan sangatlah banyak. Buah melon juga banyak sekali khasiatnya untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya. Salah satunya adalah mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung.

Manfaat melon memang belum banyak diketahui masyarakat. Padahal, terdapat banyak manfaat mengonsumsi melon. Berikut beberapa manfaat melon untuk kesehatan.

Mencegah serangan jantung

Kandungan adenosine yang terdapat pada buah melon mencegah dan menghentikan penggumpalan peredaran darah yang mengakibatkan serangan jantung bahkan penyakit stroke.

Mencegah penyakit kanker

Kandungan karotenoid yang ada di buah melon ternyata juga dapat mencegah penyakit kanker di dalam tubuh, terutama paru-paru dan payudara. Karotenoid adalah pigmen yang berfungsi sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran.

Mencegah penyakit stroke

Buah melon kaya akan elektrolit dan kalium. Kalium merupakan komponen yang penting bagi sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Hal inilah juga menjadi faktor pencegah stroke dan penyakit Jantung.

Menjaga kesehatan mata

Buah melon bermanfaat menjaga kesehatan mata. Daging buahnya yang mengandung betakaraoten berguna untuk meningkatkan ketajaman pengelihatan dan menjaga kesehatan mata.

Membasmi radikal bebas

Buah melon sangat kaya dengan kandungan anti-oksidan flavonoid, lurein, zea-xanthin, dan cryptoxanthin. Anti-oksidan memiliki kemampuan membantu sel dan struktur lain dalam tubuh dari serangan radikal bebas.

Menyehatkan kulit

Buah melon juga mengandung kolagen, senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel dan semua jaringan kulit. Kolagen juga mempunyai fungsi menyembuhkan luka dan menjaga kekencangan kulit. Dengan begitu, ketika Anda mengonsumsi buah melon yang kaya akan kolagen, kulit akan halus dan tidak kering serta cerah bercahaya.

Itulah beberapa manfaat melon. Sudah saatnya Anda bersama keluarga, rutin mengonsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan.

loading...
loading...