Menakjubkan! Sepotong Buah Nanas dapat Sembuhkan Luka


Pertanianku – Nanas merupakan buah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis seperti Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, India, dan Cina. Buah nanas pun dianggap sebagai buah yang sangat segar dengan rasa manis dan sedikit asam. Namun, tahukah Anda jika sepotong nanas dapat menyembuhkan luka pada tubuh?

Menakjubkan! Sepotong Nanas dapat Sembuhkan Luka

Kandungan vitamin pada nanas sangat bermanfaat. Jika dikonsumsi, nanas juga memiliki manfaat dalam penyembuhan luka. Rahasianya ada pada bromelain, enzim yang terdapat pada nanas.

Menurut penelitian medis, bromelain memiliki toksisitas yang rendah, serta efek samping yang sangat rendah walaupun digunakan dalam waktu yang lama. Konsentrasi enzim bromelain paling tinggi terdapat pada bagian stem atau batang buah nanas daripada daging buahnya.

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi bromelain, yaitu meringankan rasa nyeri dan bengkak serta reaksi radang. Selain itu, bromelain juga dipercaya bisa meningkatkan potensi dari penggunaan antibiotik.

Bromelain diserap tubuh sangat baik, tanpa menghilangkan efek proteolitik dari buah tersebut, dan tanpa memproduksi efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Penelitian medis menyatakan bromelain sudah dapat digunakan sebagai terapi untuk bronchitis, sinusitis, penyembuhan luka operasi, dan membantu dalam perawatan luka. Selain itu, bromelain juga memiliki manfaat sebagai anti-kanker.

Pada penyembuhan luka, penelitian medis menyatakan orang yang mengaplikasikan bromelain pada lukanya, mengalami masa penyembuhan lebih cepat daripada yang tidak mengaplikasikannya. Pada kasus luka bakar, bromelain sangat bermanfaat untuk membersihkan luka dari jaringan nekrotik atau jaringan yang mati. Pada kasus ini, bromelain diaplikasikan dalam bentuk krim. Namun, untuk penggunaannya, Anda tentu harus berkonsultasi terlebih dulu pada dokter spesialis. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga:  Pemerintah Jepang Keluarkan Larangan Konsumsi Daging Ayam Mentah
loading...
loading...