Menanam Belimbing dalam Pot, Kenapa Tidak?


Pertanianku – Belimbing merupakan salah satu jenis buah tropis. Buah ini memiliki bentuk yang unik. Bagaimana tidak, saat dipotong belimbing akan menyerupai bintang. Terdapat dua jenis belimbing, yaitu belimbing wuluh yang memiliki rasa sangat asam dan belimbing manis.

Menanam Belimbing dalam Pot, Kenapa Tidak?

Belimbing tergolong buah yang cukup diminati. Untuk menikmatinya, belimbing dapat dikonsumsi langsung ataupun dibuat jus. Tidak hanya menyegarkan, buah belimbing mengandung kadar air yang cukup banyak, memiliki vitamin A dan C yang cukup tinggi, dan memiliki tekstur daging buah yang lembut.

Menanam belimbing tidak memerlukan lahan luas dan khusus. Belimbing dapat ditanam di pekarangan rumah. Bahkan, menanam belimbing dapat Anda lakukan dengan wadah pot.

Menanam belimbing dalam pot tidak begitu susah untuk dilakukan. Ini karena secara umum teknik menanam belimbing dalam pot hampir sama dengan budidaya tabulampot yang lainnya. Yang terpenting adalah Anda tahu cara menanam yang benar serta perawatan yang harus dilakukan.

Ada banyak keuntungan menanam tanaman dalam pot. Salah satunya adalah hemat tempat. Jika Anda tidak punya pekarangan yang cukup luas, menanam belimbing pot bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat.

Berikut tata cara menanam belimbing dalam pot.

Persiapan media tanah

Untuk memulai menanam belimbing dalam pot, yang Anda perlukan adalah media tanam. Persiapkan media tanam yang cukup seperti sebuah pot yang besar. Masukkan media tanam yang berupa campuran tanah dan pupuk kompos yang sudah jadi dengan perbandingan 1 : 1.

Tanah yang dipakai harus dijemur dulu selama 3—5 hari agar mendapat sinar matahari yang cukup. Tanah yang dipakai bisa diambil dari pekarangan. Namun, pastikan tanah tersebut bebas dari rumput dan sampah. Selain itu, jangan mengambil tanah yang tercampur pasir.

Baca Juga:  Ingin Pohon Pepaya Tetap Produktif? Ini Caranya

Persiapkan pot yang akan dipergunakan untuk menanam. Pot yang dipergunakan sebaiknya terbuat dari tanah liat, ember, kaleng bekas, dan berbagai macam wadah yang bisa menampung tanah dan bagian bawahnya berlubang untuk pembuangan air. Pilih pot atau wadah yang sesuai dengan luas teras Anda sehingga akan tampak pas dan indah saat Anda menempatkannya.

Penanaman

Menanam belimbing dalam pot tergolong cukup mudah. Jika media tanam sudah siap, bibit yang sudah disiapkan ditanam dengan hati-hati dan dipendam sampai sebatas leher akar. Sebelum ditanam, kurangi daun agar penguapan yang terjadi bisa dikurangi. Cara tanam seperti ini akan meningkatkan kesempatan hidup tanaman buah belimbing tersebut.

Setelah penanaman, pemeliharaan harus dilakukan. Salah satu langkah pemeliharaan adalah pemupukan untuk mempercepat tumbuh tanaman.

Dalam waktu yang tidak begitu lama dan dengan cara menanam yang tepat, pohon belimbing Anda akan segera berbuah. Jangan lupa untuk menyiram tanaman secara rutin setiap hari, yaitu pagi dan sore.

loading...
loading...